Disperindag Gelar Temu Bisnis IKM Kabupaten .Blitar

Realitakini.com--Blitar 
Dinas Perindustrian dan Perdagangan ( Disperindag ) Kabupaten Blotar mengadakan pertemuan dengan para para pebisnis Industri Kecil Menengah ( IKM ) Kabupaten Blitar, bertempat Rumah Makan Joglo Jatinom Kanigoro, Senin 15/11/2021.

Hadir dalam pertemuan ini Ketua Dekranasda Kabupaten Blitar dan Narasumber Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia Propinsi Jawa Timur.

Dalam sambutannya Kepala Disperindag Kabupaten Blitar Tavid Wiyono mengatakan, dalam rangka percepatan visi kabupaten Blitar yang mandiri dan sejahtera berlandaskan Akhlak Mulia. Maka upaya yang dilakukan oleh Pemkab Blitar adalah memberikan kesempatan kepada para Industri Kecil Menengah ( IKM ) Kabupaten Blitar, untuk belajar dan bisa memperluas pemasaran dari produk-produk yang dimiliki para peserta melalui acara Temu Bisnis hari ini.

"Kegiatan IKM merupakan salah satu pilar penguatan ekonomisecara Nasional. Terutama dalam mem perluas lapangan kerja dan memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat ,"tuturnya Peran IKM adalah mendorong proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat, pertumbuh an ekonomi, serta mewujdkan stabilitas nasinal,"katanya.

Dikatakan Tavid,meskipun telah menunjukkan perannya, namun masih menghadapi berbagai hambatan dan kendala dalam pengembangannya. Di Era Asean Economic Community ( AEC )  IKM dituntut untuk mampu bersaing sehingga perlu dilakukan sebuah upaya sinergis yang melibatkan berbagai pihak untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas IKM.

Diharapkan,semakin baiknya kualitas IKM akan semakin baik pula efek ganda ( Multiplier Effects) terhadap penyerapan tenaga keeja. Dengan demikian IKM benar-benar mampu memberikan kontribusi signifikan, tidak saja untuk pertumbuhan, namunjuga pemerataan ekonomi Nasional,"tegasnya.

Menurut Tavid, Diera globalisasi saat ini perdagangan harus dilihat sebagai peluang untuk memperluas pasar bagi produk-produk dalam negeri.Berbagai produk yang laku dijual di pasar Internasional, mulai produk-produk industri Manufaktur, Industri Pertanian, Tekstil hingga Kerajinan Tangan, Kesenian dan produk-produk dari industri kreatif,"jelasnya.

Tavid menjelaskan, guna menambah wawasan pengetahuan mengenai bagaimana memasarkan produk secara luas dan meningkatkan kinerja usaha melalui efisiensi diberbagai bidang. Sehingga dapat bersaing didunia industri secara Lokal, Nasional maupun Internasional. Dengan kegiatan ini mampu memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan seluruh masyarakat dan khususnya para IKM-IKM di Kabupaten Blitar," pungkasnya.(  kmf/ edy)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama