Padang Panjang Masuk Nominasi Penghargaan IGA 2021

Realitakini.com-Padang Panjang
Kota Padang Panjang masuk nominasi penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2021 Kategori Kota.

Setelah melewati dua tahap penilaian, di antaranya penilaian aplikasi dan verifikasi, Padang Panjang diputuskan masuk nominasi bersama 12 kota lain se-Indonesia untuk kategori kota. Dilanjutkan dengan penilaian presentasi oleh kepala daerah masing-masing. Kota Padang Panjang mendapat kesempatan memaparkan inovasi-inovasi pada Kamis (25/11) mendatang.  

Kegiatan pembukaan presentasi, dihadiri Wakil Wali Kota, Drs. Asrul yang didampingi Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BAPPEDA) melalui Zoom Meeting, di Ruang VIP Balai Kota, Selasa (23/11).

Rusdianto mengatakan, berdasarkan hasil validasi sementara dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) posisi Kota Padang Panjang masuk tiga besar dari 12 kota lainnya se-Indonesia. 

“Informasi sementara untuk hasil validasi, kita masuk tiga besar. Kita berharap bisa mendapatkan hasil yang terbaik dalam penilaian presentasi ini,” ujarnya.

Ada empat inovasi yang dimiliki dengan kematangan di atas dari inovasi-inovasi lainnya. Di antaranya Desa Wisata Kubu Gadang, Smart Water System dari PDAM, Publis dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, serta Rachel SMPN 6. 

Empat inovasi ini sudah diakui oleh nasional, dan juga memiliki tingkat pematangan yang harus di unggulkan sesuai dengan arahan dan radiogram dari Kemendagri. 

“Kita sudah mempersiapkan materi-materi yang akan disampaikan Wako Fadly nantinya. Dengan perbandingan sebelum dan sesudah adanya inovasi tersebut. Juga sudah mempersiapkan dokumentasi terkait inovasi ini. Kita berharap bisa bertahan di tiga besar ini, sehingga mendapatkan penghargaan dan juga dana insentif daerah (DID) dari Pemerintah Pusat,” tuturnya lagi. (Alfin)

Post a Comment

Previous Post Next Post