Pemdes Pasirharjo Gelar Ruwatan Nurwakala Agar Pandemi Segera Hilang Dan Masyarakat Selalu Sehat

Realitakini.com-Blitar
 
Dalam rangka memperingati Hari Jadi Desa Pasirharjo, Pemerintah Desa Pasirharjo Kecamatan Talun Kabupaten Blitar menggelar Acara Bersih Desa selama Lima hari lima malam.Pemdes Pasirharjo Kecamatan Talun Blitar Gelar Bersih Desa Dengan Ruwatan Nurwakala. Tampak Kades Pasirharjo, Chusana Churori Sedang Menjalani Ruwatan di potong rambutnya. 

Menurut Kepala Desa Pasirharjo, Chusana Churori pada Kamis (11/11/2021) bahwa bersih Desa Pasirharjo digelar selama 5 hari, 5 malam, dan pada hari terakhir di gelar Ruwatan.

“Ruwatan nya ruwatan Nurwakala dengan wayang kulit bersama dalang Romo Nukmin, dimulai pukul 10.00 wib dan selesai pada pukul 14.00 wib, ditutup dengan ritual ritual dan diakhiri dengan selamatan. Tujuan dari Bersih Desa sendiri, pertama memperingati Hari Jadi Desa Pasirharjo, kedua dengan ruwatan itu metode salah satunya berdoa agar Desa Pasirharjo bisa sesuai dengan perundang-undangan, yaitu Desa yang maju, makmur, bagus dan bisa melayani masyarakat dengan maksimal. Serta semua perangkat Desa dan masyarakatnya selalu di beri perlindungan oleh Tuhan Yang Maha Esa,” ungkap Chusana.

Agenda Bersih Desa sendiri yakni Pembacaan sholawat Manakib, pembacaan Ambiyong, kemudian ada Mocopat, ada juga bersama Umat Hindu Doa bersama Umat Islam, lalu Jedoran dan terakhir Ruwatan Nurwakala.

“Kegiatan Bersih Desa ini di gelar setiap tahun yang agenda rutin. Pasti ada Doa, kemudian pembacaan sholawat Manakib dan selalu ditutup Ruwatan Nurwakala setiap tanggal 10 November,” jelas Kades.

Didalam Ruwatan Nurwakala ada doa-doa secara budaya dan pemotongan rambut bagi orang orang yang ikut ruwatan. Kemudian ada ritual lainnya, karena makna dari ruwatan yaitu membersihkan.

“Kita berharap dengan adanya Ruwatan Nurwakala ini, pertama Desa semakin bagus, dan masyarakat juga selalu sehat, Pandemi segera berakhir. Selain itu hasil pertanian di Desa Pasirharjo bisa bagus dan maksimal serta harga jual nya bisa bagus juga,” ungkap Kades Pasirharjo Chusana Churori. Pungka ( edy)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama