Gubernur Sumbar Targetkan 70%, Capaian Vaksinasi Padang Panjang Tetap Tertinggi

Realitakini.com-Padang Panjang
Hingga akhir tahun 2021, Gubernur Sumatera Barat, H. Mahyeldi Ansharullah, SP Datuak Marajo menargetkan capaian vaksinasi di seluruh wilayah Sumbar mencapai 70%. Angka itu, telah lama dicapai Kota Padang Panjang dan hingga saat ini masih berada pada posisi tertinggi dalam capaian vaksinasi.

Dalam Rapat Evaluasi Penanganan Covid-19 Tingkat Sumbar yang digelar secara virtual, Selasa (28/12) Mahyeldi menyampaikan, Pemprov bersama Forkopimda sudah menurunkan tim vaksinator guna meningkatkan vaksinasi. 

"Ada 16 tim yang kita kirim ke kabupaten/kota untuk membantu kepala daerah masing-masing. Namun terdapat kendala ada beberapa daerah yang belum bisa memobilisasi masyarakat secara maksimalsesuai dengan yang kita harapkan," ungkapnya.

Dengan kondisi itu, Mahyeldi mengimbau kepala daerah masing-masing untuk memobilisasi masyarakat di daerahnya. “Sehingga akhir tahun ini, target minimal 70 persen sudah tercapai," tambah nya.

Bagi kabupaten/kota yang sudah melebihi target, Mahyeldi berharap, bisa memperbantukan tenaga kesehatannya untuk memberikan dukungan dan back up ke daerah tetangga.

Mahyeldi menyampaikan apresiasi kepada daerah yang telah berkerja maksimal dalam meningkatkan capaian vaksinasi ini. "Pemprov bersama Forkopimda akan memberikan reward kepada lima desa, kelurahan atau nagari terbaik dalam peningkatan capaian vaksinasi sampai akhir tahun nanti, berupa hadiah umrah," katanya.

Sementara itu Wakil Wali Kota, Drs. Asrul yang mengikuti rapat ini di ruang VIP Balai Kota menyebutkan, saat ini capaian vaksinasi di Kota Padang Panjang per 27 Desember ini untuk dosis pertama berada di angka 111,74 persen. Sementara untuk dosis kedua, di angka 74,65 persen. 

"Alhamdulillah, capaian vaksin kita masih tetap yang tertinggi di Sumbar. Kita akan terus giatkan vaksinasi ini agar semua masyarakat mendapatkan kekebalan dari virus Covid-19,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Arry Yuswandi, MKM menyebutkan, capaian vaksinasi Sumbar secara umum 65,45 persen untuk dosis pertama dan dosis kedua 40,59 persen.

"Ada 11 daerah yang capaian vaksinasinya di bawah rata-rata. Sisanya, delapan kabupaten/kota yang sudah mencapai target lebih dari 70 persen. Kita harus mengejar target 70 persen ini,” ucapnya. (Alfin)

Post a Comment

Previous Post Next Post