Bupati Rusma Yul Anwar dan Wagub Sumbar Hadiri Panen Raya di Barung-Barung Balantai

Realitakini.com-Pesisir Selatan 
Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar bersama Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy meng hadiri kegiatan Panen Raya Santri Bertani di Pondok Pesantren Iqra barung-barung Belantai, Kecamatan Koto XI Tarusan.Kamis (20/1).

Panen Raya itu terlaksana, karena sebelumya ratusan santri Ponpes Iqra ikut terlibat dalam penggarapan sawah seluas dua hektare di daerah itu. Dimana, Ponpes Iqra bekerjasama dengan Kelompok Usaha Ber sama (KUB) Gerakan Pemuda Batang Tarusan.Bupati Rusma Yul Anwar mengapresiasi gerakan KUB dan Ponpes Iqra. Dia berharap, program santri bertani itu juga dapat menular ke pesantren-pesantren lainnya.

Menurutnya, jika semakin banyak pesantren yang ikut serta, program tersebut tentunya juga dapat ber kontribusi lebih besar dalam meningkatkan produksi pertanian dan pengentasan kemiskinan.Sementara, Wagub Sumbar Audy mengatakan pemerintah daerah bersama kelompok tani terus berupaya untuk men dorong produksi pertanian secara optimal agar mencapai target tanam yang cukup berat ini.

Diantaranya melalui perbaikan jaringan irigasi, pembuatan embung, mencetak sawah baru, dan ber bagai upaya lainnya.“Dengan begitu, kita berharap dapat meningkatkan luas tambah tanam, serta berdampak pada peningkatan produksi padi di Sumbar,” terangnya.

Di samping itu, pemerintah pusat juga membantu petani dengan berbagai jenis peralatan dan mesin per tanian, baik untuk pra tanam, panen, maupun pasca panen, dengan tujuan dapat mempercepat proses pengolah an tanah dan pasca panen, serta antisipasi berkurangnya tenaga kerja di lapangan.

Diketahui, Provinsi Sumbar adalah salah satu dari 17 provinsi penyangga padi nasional saat ini yang me megang amanah dalam mewujudkan swasembada pangan berkelanjutan.“Untuk mendukung program tersebut, tahun ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar ditargetkan untuk dapat memproduksi 1.542. 893 ton padi,” katanya dalam menghadiri kegiatan Panen Raya di Barung-Barung Balantai (kmf/ Rk)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama