Pemkab Pesisir Selatan Bahas Renstra Perangkat Daerah

Realitakini.com-Pesisir Selatan 
Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melaksanakan kegiatan pembahasan Rencana Strategis (Renstra) perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, bertempat di aula Kantor Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembagan (Bappedalitbang) setempat. 

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bappedalitbang Pesisir Selatan, Hadi Susilo, Kamis (13/1)  di kantornya Bapeldalitbang.  

"Alhamdulillah memasuki hari keempat, Kamis (13/1) telah menyelesaikan bahasan Cascading Renstra Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Badan Pengendalian Bencana Daerah dan Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu," jelasnya.

"Pembahasan Renstra tersebut dipimpin langsung Sekretaris Daerah Pesisir Selatan, Mawardi Roska dan dimediatori oleh Kepala Bappedalitbang, Hadi Susilo. Pembahas lainnya adalah Inspektur Daerah, 3 orang staf ahli bupati, 3 orang asisten Setdakab dan kabag organisasi. Insya Allah Jumat (14/1) semua Renstra Perangkat Daerah selesai dibahas," katanya.

Selain itu ia mengatakan, di era otonomi daerah peran perencanaan pembangunan daerah semakin krusial. Proses pembangunan dilakukan melalui pendekatan yang lebih mengutamakan battom-up planning yang partisipatif.

Hasil yang diinginkan dari pola pendekatan seperti ini adalah sebuah perencanaan yang defenitif yang bersifat integrasi dan berbagai sektor dan pertimbangan kepentingan semua stakeholder.

Menurutnya, setiap penyusunan dokumen rencana pembangunan, memerlukan koordinasi antar instansi pemerintah dan partisipasi seluruh pelaku pembangunan melalui forum Musrenbang.( Kmf/ Rk)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama