PT. Penta Rekayasa Presentasikan Tahapan Perencanaan Pembangunan Sport Center Padang Panjang


Realitakini.com-Padang Panjang
Perusahaan perencanaan konstruksi PT. Penta Rekayasa yang merupakan badan usaha berpengalaman mengerjakan proyek pembangunan berskala nasional dan internasional, mulai mempresentasikan tahapan perencanaan pembangunan Sport Center kepada Pemerintah Kota, Kamis (20/2), di ruang VIP Balai Kota Padang Panjang.

Ketua tim rombongan PT. Penta Rekayasa, Amrita dalam pertemuan dengan Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano dan pejabat terkait tersebut, menjelaskan rancangan pembangunan Sport Center akan mengusung konsep perancangan yang meliputi semua aspek. Yaitu, aspek fungsional, aspek kontekstual, aspek kinerja, aspek teknik/struktur dan aspek arsitektural.

“Dari uraian di atas, diharapkan terwujud perancangan sebuah kawasan Sport Centre sebagai wadah representatif sebagai fasilitas penunjang yang mampu mewadahi kegiatan olahraga di Padang Panjang,” ujarnya.

Kawasan Sport Center yang direncanakan ini, lanjut Amrita, akan memenuhi kriteria-kriteria atau persyaratan suatu Sport Center yang ideal. Pendekatan pada kegiatan yang berlangsung dalam kawasan Sport Center ini, dilakukan dengan studi analisis, yang kemudian hasilnya dipakai sebagai dasar untuk membuat program perencanaan dan perancangan.

“Dalam merencanakan suatu kawasan Sport Center, ada persyaratan yang harus diperhatikan. Yaitu, persyaratan teknis dan persyaratan teoritis yang menyangkut standar untuk Sport Center serta persyaratan nonteknis. Ini merupakan standar perencanaan yang disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing. Mulai dari tata guna lahan, pengendalian massa dan bentuk, bangunan, sirkulasi dan parkir, serta ruang terbuka,” ungkapnya.

Wako Fadly mengatakan, kehadiran Sport Center ini diharapkan mampu memberikan kenyamanan warga dalam melakukan kegiatan olahraga di lingkungan yang lebih baik. Sehingga bangunan Sport Center nantinya akan menjadi sebuah ikon baru Padang Panjang, serta fungsinya dalam meningkatkan kenyamanan dalam berkegiatan olahraga prestasi. 

“Bangunan Sport Center ini, diharapkan mampu memberikan kesan menonjol pada struktur sebagai bagian dari tampak bangunan. Penerapan konsep arsitektur high technology dalam bangunan, diharapkan mampu memberikan kesan ‘kuat’ yang tergambar dalam kegiatan olahraga,” harapnya.

Fadly juga berharap, struktur bangunan Sport Center ini tidak sebagai penopang bangunan. Namun diharapkan berfungsi sebagai tampilan luar bangunan dan menjadi keunikan sendiri dalam lingkungannya.

Di samping itu, tujuan dari pembangunan Sport Center ini, lanjut Fadly, juga untuk menunjang kegiatan olahraga bagi warga sekaligus sebagai tempat pelaksanaan berbagai kegiatan atau pertandingan olahraga.

“Adanya bangunan ini, nantinya dapat menyediakan sarana olahraga dan hiburan bagi warga melalui fasilitas Sport Center. Untuk itu, saya minta pengerjaannya harus semaksimal mungkin. Saya ingin hasilnya yang terbaik. Sehingga pada akhirnya akan difungsikan secara optimal,” ucapnya.

Selain itu, hadirnya kawasan Sport Center ini, kata Fadly, diharapkan juga mampu meningkatkan prestasi atlet di Kota Padang Panjang. Serta dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi warga kota khususnya yang tinggal di kawasan tersebut.

Usai melakukan rapat di Ruang VIP Balai Kota, Tim PT. Penta Rekayasa melanjutkan rapat teknis dengan, asisten, kadis PUPR, kadis Perkim LH dan kadis Pemuda Olahraga dan Pariwisata di Aula Kantor Dinas PUPR guna membahas Rancangan Anggaran Biaya (RAB) pembangunan dan hal teknis lain yang dirasa perlu. (Alfin)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama