Wabup Rudi Hariansya: Kapasitas Pemuda Nagari Perlu Ditingkatkan

Realitakini.com-Pesisir Selatan 
Agar wawasan nasional kepemudaan dalam mengembangkan potensi yang ada bisa dilakukan secara maksimal, maka kapasitas mereka harus terus ditingkatkan, termasuk juga di Kabupaten Pesisir Selatan.Hal itu disampaikan Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah, Selasa (18/1) berkenaan upaya daerah itu dalam meningkatkan potensi kepemudaan di tingkat nagari terhadap pembangunan di daerah.

"Ke depan, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga mesti mengoptimalkan kegiatan peningkatan kapasitas pemuda nagari. Tujuannya adalah untuk meningkatkan wawasan nasional kepemudaan, membangun karakter pemuda, meningkatkan kekuatan, serta pengembangan potensi pemuda untuk membangun nagari, bangsa dan negara," katanya.Disampaikannya bahwa yang terpenting output yang akan dihasilkan dari kegiatan tersebut adalah me ningkatnya wawasan dan pengembangan pemuda secara nasional.

"Termasuk juga adanya wawasan baru penyusunan dan pelaksanaan program kepemudaan, serta menguat kan etos kerja di masa mendatang," ucapnya.Dia menambahkan bahwa pemuda adalah harapan bangsa, dan  pemuda  pemilik masa  depan.

"Oleh karena itu, pemuda  harus dibina, serta juga memperlihatkan betapa syaratnya nilai yang telah ter lekat pada kata pemuda tersebut," ujarnya.

Hal itu telah umum disadari bahwa peran dari pemuda dinilai sangat vital bagi pembangunan bangsa. Bahkan, permasalahan  sosial pada remaja menjadi suatu hal yang masih harus selalu diperhatikan dan ditinjau, perkembangan dan kepribadian oleh pemerintah.

Dikatakan lagi bahwa pemuda  memiliki  peran  penting  dalam proses  pembangunan  sebuah negara. Karena pemuda akan  menjadi  penerus  tongkat estafet kepemimpinan serta memajukan bangsa dan negara di masa mendatang.

"Beranjak dari semua itu, maka peningkatan kapasitas pemuda perlu dilakukan. Sebab melalui peningkat an kapasitas itu mereka akan dapat mengaktualisasikan diri dalam memenuhi berbagai kebutuhan hidup mereka nantinya," tutupnya.( Kmf/ Rk)

Post a Comment

Previous Post Next Post