Berdayakan Kaum Ibu, Pemerintah Nagari Koto Baru Bentuk Kelompok Wanita Tani

Realitakini.com-Pesisir Selatan
Pemerintah Nagari Koto Baru, Koto Barapak, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan membentuk Kelompok Wanita Tani (KWT)sebagai upaya untuk menggerakkan kaum ibu-ibu agar bisa lebihproduktif.

Wali Nagari Koto Baru, Sukardi mengatakan pembentukan KWT itu, merupakan pertama kalinya di nagari itu dengan harapan dapat kreatif untuk menambah peningkatan ekonomi.

"Tapi, intinya bagaimana kaum ibu-ibu ini kita kembangkan sayapnya untuk dapat ber kreatifitas," jelas Sukardi, Minggu (13/2).

Lanjut dia, Kelompok Wanita Tani tersebut bakal diberdayakan secara berkelanjutan dan diberi dukungan penuh agar keberadaannya menjadi nilai positif.

Bahkan untuk mendukung KWT, Pemerintah Nagari Koto Baru berencana akan mendukung dengan anggaran yang ada di nagari. Pasalnya, kata Sukardi di 2022, sesuai dengan program dari pemerintah pusat, nagari dapat mengalokasikan 20 persen dana desa dalam merealisasikan program ketahanan pangan dan hewani.

"Dan saya rasa, melalui program ketahanan pangan ini, bisa kita alokasikan untuk KWT," ujarnya.

Dia menambahkan melalui pemberdayaan wanita tani ini bakal didorong untuk berkreatifitas menciptakan karya kuliner baru dari hasil pertanian yang dikelola.Saat ini, sesuai dengan potensi lahan pertanian di daerah tersebut, selain padi banyak warga yang mengelola lahannya dengan menanam jagung, semangka dan tanaman kebun lain seperti durian.

"Nah, bagaimana hasil pertanian itu, nantinya dapat menjadi kuliner baru dengan menyajikan sesuatu yang baru dan lebih kreatif sehingga bisa berdaya saing dan menjadi nilai ekonomi," ulasnya.

Sementara, Rayendra selaku Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Nagari mendukung penuh atas pembentukan Kelompok Wanita Tani di Nagari Koto Baru."Harapan saya organisasi ini terus aktif dan bergerak untuk menuju perubahan yang lebih baik," tuturnya. ( Kmf/Rk)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama