Dekranasda Sumbar Adakan Pembinaan dan Identifikasi Produk IKM di Kota Solok

Realitakini.com- Kota  Solok
Walikota Solok Zul Elfian Umar, menerima kedatangan Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Ny. Harnelli Mahyeldi, dalam rangka melakukan pembinaan dan identifikasi produk Industri Kecil Menengah (IKM) Kota Solok, di Aula Koperindag Kota Solok, Jumat (25/2/2022).

Turut hadir, Wakil Ketua Dekranasda Kota Solok Ny. Dona Ramadhani, Kepala Dinas Perdagangan dan UMKM Sumbar, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Solok, serta OPD terkait.

Dalam sambutannya, Walikota Solok mengucapkan selamat datang kepada Ketua Dekranasda Provinsi Sumbar Ny. Harnelli Mahyeldi beserta rombongan, yang akan melakukan pembinaan dan identifikasi hasil produk IKM Kota Solok.

"Alhamdulillah, saat ini produk IKM Kota Solok sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas. Kepada para pelaku IKM, agar terus belajar dan mengasah kemampuan serta selalu hadirkan selalu inovasi-inovasi guna menjaga kelangsungan IKM," harap Zul Elfian Umar.

"Pemerintah Kota (Pemko) Solok, bersama Dekranasda Kota Solok akan selalu bergandengan guna mendorong IKM Kota Solok, untuk selalu eksis dan berkembang," ucapnya.

Ketua Dekranasda Sumbar Ny. Harnelli Mahyeldi, mengapresiasi produk hasil IKM Kota Solok yang cukup laris saat temu bisnis di Kota Pekanbaru beberapa waktu lalu. Ini membuktikan hasil dari IKM Kota Solok berkualitas baik dan diminati konsumen.

Ny. Harnelli mengharapkan kepada Dekranasda Kota Solok, agar nantinya membentuk koperasi dan koperasi tersebut yang bertugas mempromosikan dan menjual produk. Sehingga pengrajin akan menambah semangat untuk berproduksi, apalagi ditengah pandemi Covid-19 saat ini yang membuat daya beli masyarakat menjadi turun.

Lebih lanjut dikatakannya, jangan sampai ada IKM yang gulung tikar. Disinilah perlunya peran pemerintah dalam menjaga IKM yang ada. "Semoga tamu bisnis di Aceh, Medan, Batam dan Jakarta tahun 2022 ini akan banyak membawa hasil produksi IKM Kota Solok," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Dekranasda Kota Solok Ny. Dona Ramadhani menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua Dekranasda Sumbar yang telah datang ke Kota Solok. Kedatangan rombongan adalah sebuah penghargaan dan menjadi motivasi bagi Dekranasda Kota Solok.

"Meskipun ditengah pandemi, kami terus mendorong dan menciptakan inovasi guna kemajuan IKM Kota Solok," papar Ny. Dona Ramadhani.

Saat ini, Dekranasda Kota Solok mempunyai outlet yang berlokasi di Kantor Balaikota Solok. Alhamdulillah outlet tersebut berjalan pesat, dan membangkitkan gairah IKM Kota Solok Tidak hanya itu, Dekranasda Kota Solok juga melakukan kerjasama dengan yayasan Batik Indonesia melalui jualan online. (Syafri)

Post a Comment

Previous Post Next Post