Jaga Kesetabilan Inflasi, Walikota Solok Buka Capacity Building TPID

Realitakini.com-Padang 
Pemerintah Kota (Pemko) Solok adakan kegiatan Capacity Building Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), bertempat di Hotel Pangeran Beach Padang tanggal 8 dan 9 Februari. Kegiatan itu dibuka langsung Walikota Solok Zul Elfian Umar, Selasa (08/02/2022), dan dihadiri Kepala perwakilan Bank Indonesia (BI) Wilayah Provinsi Sumbar, Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dan Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Solok serta Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan. 

Capacity Building yang diikuti lebih kurang 40 orang perserta yang berasal dari OPD terkait adalah dalam rangka penyusunan peta jalan pengendalian inflasi daerah Kota Solok tahun 2022-2024.

Dalam sambutannya, Walikota Solok menyampaikan bahwa pembentukan TPID ini dimaksudkan agar daerah melakukan pengendalian untuk menjaga laju inflasi yang rendah dan stabil, sebagai prasyarat pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan.

"Tiga bulan terakhir, mulai dari November 2021 sampai Januari 2022 ini, masyarakat diresahkan dengan kenaikan harga minyak goreng, sehingga berkurangnya aksesibilitas masyarakat terhadap bahan pangan pokok yang dibutuhkan masyarakat setiap hari," ungkap Zul Elfian Umar. 

Walikota Solok menghimbau kepada tim untuk dapat menjaga kestabilan harga ini perlu dilakukan dengan memantau pemantauan secara berkala, baik pantauan pasokan pangan maupun harga karena antara pasok an terjadi sinergi yang berbanding lurus. Kalau pasokan berlebih ada kecendrungan harga akan turun begitu juga sebaliknya, kurangnya pasokan akan mengakibatkan lonjakan harga, dan ini sering terjadi pada hari-hari besar keagamaan.

Ia juga menyampaikan bahwa untuk menurunkan inflasi pada level yang rendah, dan stabil perlu dukung an dari pemerintah yang mempunyai kewenangan untuk mengatasi gangguan (shocks) dari sisi penawaran (supply), termasuk terkait gejolak harga pangan dan harga yang diatur pemerintah.

"Oleh karena itu, kepada peserta agar segera menindaklanjuti dengan penyusunan Peta Jalan Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2022-2024," pungkasnya. (Syafri)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama