Pasca Audiensi dengan PPID Utama,, FJKIP Padang Panjang Bakal Bentuk Panitia Pengukuhan


Realitakini.com-Padang Panjang
Pengurus Forum Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik ( FJKIP) Kota Padang Panjang terus matangkan persiapan acara pengukuhan kepengurusan. 

Usai beraudiensi dengan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Kota Padang Panjang, Ampera Salim, SH. M. Si, Selasa, (15/2/2022), pekan lalu. 

Hari ini, pengurus yang juga inisiator FJKIP Kota Padang Panjang menggelar diskusi dengan agenda menyusun rancangan pembentukan panitia acara pengukuhan kepengurusan. 

Diskusi yang dilangsungkan di Kopi Om Bento, Guguk Malintang, Rabu, (23/2/2022) sore dihadiri Ketua FJKIP Kota Padang Panjang, Alfian YN, Sekretaris, Rifnaldi Ce merangkap pemandu jalannya diskusi, Bendahara, Syafriyanto YB, dan Koordinator Bidang Kelembagaan, Supriyanto. 

Rifnaldi Ce yang membuka jalannya diskusi, mengatakan diskusi ini sengaja digelar guna merancang pembentukan panitia acara pengukuhan kepengurusan FJKIP Kota Padang Panjang masa bhakti 2022-2025.

"Sehubungan telah terbitnya SK kepengurusan FJKIP Kota Padang Panjang masa bhakti 2022-2025 yang disahkan pengurus FJKIP provinsi Sumatera Barat pada 17 Januari 2022 lalu. Maka untuk acara pengukuhan perlu dibentuk panitia acara pengukuhan," ujarnya. 

"Panitia acara inilah nantinya yang akan mempersiapkan acara pengukuhan atau pelantikan kepengurusan," sambungnya. 

Senada, Syafriyanto YB mengatakan guna terbentuknya panitia acara pengukuhan kepengurusan, maka perlu kiranya diadakan rapat lengkap pengurus. 

"Saya usul Senin depan kita adakan rapat lengkap pengurus dan dalam rapat itu nantinya kita pilih panitia acara pengukuhan," ujarnya yang kemudian usul ini disepakati peserta diskusi. 

Sementara itu, Alfian dalam penyampaiannya mengatakan sepakat diadakannya rapat lengkap pengurus guna membentuk panitia acara pengukuhan. 

"Untuk terlaksananya rapat lengkap pengurus, paling lambat Sabtu ini undangan atau pemberitahuan akan digelarnya rapat sudah harus kita layangkan ke segenap anggota pengurus FJKIP Kota Padang Panjang," ujarnya. 

Alfian menambahkan, pelantikan/ pengukuhan kepengurusan FJKIP Kota Padang Panjang nantinya akan dibarengi dengan pelaksanaan bimtek keterbukaan informasi yang diikuti oleh seluruh pengurus FJKIP dan PPID pembantu yang ada di masing-masing OPD.

“Kita juga berkoordinasi dengan Kominfo sebagai PPID utama untuk melakukan bimtek kepada pengurus dan juga PPID pembantu, yang mana nanti akan menghadirkan pihak FJKIP Provinsi dan Komisi Informasi (KI) Provinsi sebagai narasumber,” tutur Alfian. 

Dengan segera dilakukannya pelantikan kepengurusan FJKIP yang berisikan insan insan pers di Kota Padang Panjang, Alfian berharap FJKIP dapat dikenal oleh masyarakat.

"Bagaimana FJKIP dapat bersumbangsih dan bermitra dengan pemerintah daerah dalam hal keterbukaan informasi publik kepada masyarakat," harap Alfian yang kemudian menutup jalannya diskusi. 

Dihimpun informasi, FJKIP diinisiasi atau dideklarasikan dua tahun lalu (Des, 2019) oleh komisi informasi (KI) provinsi Sumatera Barat dalam Anugerah KIP 2019.

FJKIP Sumbar lahir sebagai bagian dari gerakan memasifkan keterbukaan informasi publik. 

FJKIP dibentuk secara bersama melalui kolaborasi KI Sumbar, Anggota DPRD Sumbar, HM Nurnas, Akademisi Unand, Ilham Aldelano Azre, dan para jurnalis yang konsen dengan KIP.

FJKIP Sumbar mendorong terbentuknya, FJKIP kabupaten/kota, sebagai upaya membudayakan keterbukaan informasi di ranah Minang. (Dms)

FJKIP kabupaten/kota berupaya membudayakan keterbukaan informasi publik di daerah. Perlu dukungan pemerintah kabupaten/kota, Bupati dan Wali Kota, DPRD, serta Dinas Kominfo sebagai PPID Utama, baik dalam proses administrasi maupun penganggaran nantinya. 

Saat ini sudah terbentuk dan aktif FJKIP Bukittinggi dan FJKIP Pesisir Selatan.

*********

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama