Potensi Investasi Di Sumatera Barat Lirik Amerika

Realitakini.com-Padang 
Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi,  menerima kunjungan Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera , Gordon S. Church di ruang tamu Istana Kompleks Gubernuran, Rabu (9/2/2022). Kehadiran konsul ber sama staf nya itu disambut baik oleh gubernur dan dalam diskusi, Gordon menyampaikan maksud ke hadirannya untuk bersilaturahmi sekaligus menjajaki peluang-peluang investasi yang ada di Sumatera Barat (Sumbar). 

Apalagi kerjasama antara Sumbar dengan Amerika sudah terjalin lama melalui jalur ekspor. Amerika Serikat merupakan negara tujuan ekspor terbesar ketiga dari Sumatera Barat. Sehingga menarik perhatian Gordon. Dan Sumbar menurutnya memiliki potensi di berbagai bidang, terutama bidang budaya dan ekonomi. 

“Saya senang dapat mengunjungi Padang untuk pertama kalinya dan berdiskusi dengan Gubernur Sumbar mengenai kerjasama di bidang budaya dan ekonomi," ujar Gordon. 

Kehadiran Konsul yang berkantor di Medan, Sumatera Utara ini juga sekaligus untuk mengundang gubernur beserta jajaran terkait dalam pertemuan bisnis dengan para investor dari Amerika Serikat yang akan berlangsung di Medan, dalam semester pertama tahun ini. 

Gubernur Mahyeldi mengapresiasi kehadiran Konsul sekaligus undangan yang diberikan. Gubernur mengatakan, hal tersebut sebagai suatu peluang yang sangat bagus untuk diikuti. Apalagi sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat, gubernur menegaskan kewajiban daerah mendukung dan menindaklanjuti berbagai kerjasama yang telah dilaksanakan oleh pemerintah pusat. 

“Banyak yang bisa dikerjasamakan. Apalagi diaspora atau perantau-perantau Minang cukup banyak juga di Amerika. Jadi banyak yang bisa kita kerjasamakan, termasuk juga pada sektor pariwisata, pertanian, peternakan, perikanan, pendidikan dan entrepreneur," ujar Buya Mahyeldi. 

Mahyeldi juga menawarkan pada Gordon selama berada di Sumbar untuk berkunjung ke beberapa destinasi wisata yang ada di kabupaten dan kota lain, diantaranya ke Kota Bukittinggi dan Kabupaten Solok. 

Di akhir pertemuan, Gordon dan gubernur saling bertukar cenderamata. Gordon mengaku sangat tertarik dan suka dengan cenderamata dari gubernur yang berbentuk atap rumah gadang dengan gambar Istana Pagaruyung, Jam Gadang dan Masjid Raya Sumbar. Ia pun mengatakan akan memajang cenderamata tersebut di meja kerjanya.(doa/MMC ,Dinas Kominfotik Sumbar/Rk)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama