Tingkatkan Pelayanan Publik Di Sijunjung, Ombudsman RI Perwakilan Sumbar Gelar Koordinasi

Realitakini.com--Sijunjung
Acara Koordinasi peningkatan kepatuhan standar pelayanan publik antara Ombudsman RI perwakilan Sumatera Barat dengan Pemdakab Sijunjung telah berlangsung di Balairung Lansek Manih hari kamis (10/02). Dihadiri oleh Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, Sekdakab Zefnihan, seluruh Kepala OPD, para Camat dan Kepala Puskesmas dengan Nara Sumber Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat Yefri Heriani, S.Sos, M.Si dengan moderator Sekdakab Sijunjung.

Bupati Sijunjung dalam sambutannya mengatakan, Pelayanan publik adalah hal pertama yang dibahas di RPJMD tahun lalu. Sudah pernah dilombakan dan akan segera dibentuk Forum Independen yang akan menilai kinerja OPD segi pelayanan publik guna mengoptimalkan pelayanan. Namun hingga saat ini masih ada masuk laporan terkait buruknya pelayanan dibidang kesehatan seperti terjadi di RSUD, Puskesmas dan juga bidang fasilitas umum seperti jalan, jembatan dan lain sebagainya.

Wandri Fahrizal, SH Kabag Organisasi Kantor Bupati Sijunjung menilai pembentukan tim independen akan menjadi cikal bakal tim Forum Pelayanan Publik yang unsurnya diambil dari perwakilan MUI, Pers, Perguruan tinggi, tokoh masyarakat dan LSM.

Dalam kesempatan itu, Kepala Ombudsman RI perwakilan menjelaskan bahwa hal-hal yang bisa dilapor kan oleh masyarakat kepada Ombudsman antara lain seperti pengurusan KK masa pengurusannya adalah 14 hari jika telah lewat tanpa pemberitahuan maka bisa dilaporkan karena termasuk pelanggaran terhadap pelayanan publik. 

Sedangkan yang diawasi Ombudsman adalah tindak mal administrasi atau layanan publik baik sengaja ataupun tidak yang menyebabkan kerugian pada masyarakat baik moril dan materil.Hingga saat ini masih ada laporan ke Ombudsman terkait pungli dalam pelayanan publik. Bahkan data Tahun lalu menyebutkan adanya 5 s/d 10 laporan tentang pungutan liar (pungli). 

"Untuk itu setiap penyelenggara layanan publik perlu menetapkan standar pelayanan publik di setiap produk layanannya", pungkasnya. (Hasnawati)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama