Sijunjung Raih Peringkat V se-Sumatera Barat Bidang Pelayanan Publik


Realitakini.com--Sijunjung
Sijunjung meraih peringkat 5 di bidang pelayanan publik di Provinsi Sumatera Barat. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si yang diserahkan oleh Kepala Ombudsman RI Perwakilan (Kaper)  Provinsi Sumatera Barat Yefri Heriani, S.Sos, M.Si. Bertempat di Balairung Lansek Manih dalam acara Koordinasi Peningkatan  Kepatuhan Standar Pelayanan Publik.

Selain Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, Acara yang digelar oleh Kabag Organisasi Kantor Bupati Sijunjung pada hari Kamis (10/02) juga dihadiri oleh Kepala OPD, Direktur RSUD,  seluruh Camat, seluruh Kepala Puskesmas drngan moderator Sekdakab Sijunjung Zefnihan. Sedangkan dari Ombudsman RI Perwakilan Sumbar hadir Kepala Perwakilan (Kaper) Yefri Heriani beserta 3 orang staffnya.

Peringkat V yang diraih ini berdasarkan penilaian kinerja 4 OPD di Kabupaten Sijunjung terkait pelayanan publik yaitu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Dukcapil, Dinas Kesehatan dan DPM-PTSP.

Dalam hal ini, Kaper Ombudsman RI telah meninjau langsung ke kantor OPD terkait. Hal yang menjadi dasar penilaian adalah antara lain laporan tentang produk layanan, maklumat layanan / janji layanan, harus memajang standar pelayanan sesuai tusi OPD terkait, adanya layanan khusus untuk disabilitas, layanan sarana pengaduan internal, personel khusus yang mengelola layanan, apakah personel itu mempunyai SK atau tidak, harus menggunakan name tag bagi pegawainya dan masih banyak yang lainnya.

Bupati Sijunjung dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada OPD terkait yang telah bekerja keras mewujud kan standar pelayanan publik.

"Walaupun belum peringkat pertama namun langkah awal ini sudah membuat masyarakat Sijunjung bangga, dan semoga menjadi motivasi agar lebih baik lagi kedepannya", ujar Bupati Sijunjung.

Tahun ini akan kembali dilombakan dengan dua kriteria yaitu 6 terbaik dan 6 terburuk. "Nanti hasil kepatuhan tersebut akan berdampak pada standar posisi pimpinan OPD ", lanjut Benny Dwifa Yuswir.

"Evaluasi setahun pelayanan publik akan segera dilaksanakan dalam waktu sebulan", kata Bupati. Bagi OPD yang berhasil akan diberikan tambahan anggaran. Namun pesan Benny, "Jangan dijadikan sebagai tujuan utama tapi tetap jadi peluang untuk beribadah kepada Allah. Dengan diterima nya hasil ini maka akan digunakan sebagai motivasi untuk percepatan yang sedang dilaksanakan sekarang", pungkasnya. (Hasnawati)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama