Wawako Solok Buka Musrenbang Tahun 2023 Kecamatan Lubuk Sikarah

Realitakini.com- Kota Solok 
Wakil Walikota (Wawako) Solok Ramadhani Kirana Putra, membuka langsung Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kota Solok Tahun 2023 Tingkat Kecamatan, yang bertempat di Aula Kantor Camat Lubuk Sikarah Kota Solok, Selasa (22/2/2022).

Turut hadir Ketua DPRD Kota Solok Nurnisma, Camat Lubuk Sikarah Feri Hendria, Kepala OPD terkait, para lurah di Kecamatan Lubuk Sikarah, Ketua KAN, LKAAM dan Bundo Kanduang serta fasilitator tingkat kecamatan dan kelurahan.Musrenbang tingkat kecamatan merupakan forum antar para pelaku pembangunan dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Solok Tahun 2023.

Wawako Solok mengakui pelaksanaan Musrenbang ini menjadi media interaktif bagi segenap stakeholders, untuk menetapkan program dan kegiatan kecamatan serta rekomendasi kebijakan, guna mendukung implementasi program/kegiatan tahun anggaran berikutnya. 

”Forum ini juga merupakan bentuk komitmen bersama di antara para pemangku kebijakan daerah, dalam pencapaian pembangunan yang berkualitas, efektif, efisien, transparan dan akuntabel,” ucap Ramadhani Kirana Putra. 

Disebutkannya, penyusunan perencanaan pembangunan daerah dilakukan oleh pemerintah daerah bersama para pemangku kepentingan, berdasarkan peran dan kewenangan masing-masing untuk menghasilkan perencanaan yang partisipatif, dengan mengintegrasikan rencana pembangunan daerah dengan kebutuhan masyarakat.

Wawako Solok berharap, pelaksanaan Musrenbang ini dapat mencerminkan semangat musyawarah yang bersifat partisipatif dan dialogis, serta ajang yang bersahabat bagi warga masyarakat dalam menyuarakan aspirasi dan kebutuhannya, serta menetapkan prioritas program dan kegiatan pembangunan. 

”Musrenbang tingkat kecamatan ini adalah lanjutan dari pelaksanaan Musrenbang kelurahan. Hasil rekapitulasi dari pelaksanaan Musrenbang kelurahan yang sudah diinput secara online melalui aplikasi E-planing, harus menjadi dasar dalam pelaksanaan Musrenbang tingkat kecamatan sehingga tercipta sinergitas dan sinkronisasi pembangunan mendukung prioritas daerah Tahun 2023,” harapnya. 

Tak hanya itu, Wawako Solok berharap hasil dari Musrenbang tingkat kecamatan ini diharapkan kepada OPD untuk dapat meninjau ke lapangan atas usulan yang dipertimbangkan, diakomodir untuk menjadi bahan kerja dalam forum OPD yang kemudian akan ditetapkan pada Musrenbang RKPD Kota Tahun 2023. 

"Kelurahan juga diharapkan berperan aktif dalam mensupport data, dan dokumen pendukung atas usulannya. Pembangunan fisik harus 'clean dan clear' terutama masalah lahan,” harapnya lagi. 

Dijelaskannya, tahun 2023 merupakan tahun kedua pelaksanaan RPJMD Kota Solok Tahun 2021-2026. Dalam upaya pencapaian visi pembangunan jangka menengah Kota Solok yakninya, ”Terwujudnya Kota Solok yang diberkahi, Maju dan Sejahtera melalui Pengembangan Sektor Perdagangan dan Jasa yang Modern”.

Sesuai dengan tema RKPD Kota Solok tahun 2023 ini adalah, “Peningkatan Kualitas Pelayanan Dasar Masyarakat, Pengembangan Ekonomi Kerakyatan dan Perbaikan Tata Kelola Pemerintahan”. (Syafri)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama