BPBD Kesbangpol Padangpanjang Gelar Pelatihan untuk Kelompok Siaga Bencana

Realitakini.com - Padang Panjang
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kesbangpol mengadakan Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana bagi Kelompok Siaga Bencana (KSB) Kelurahan se-Kota Padang Panjang, Senin (28/3) di Mifan Waterpark, Silaing Bawah.

Kepala BPBD Kesbangpol, I Putu Venda, S.STP, M.Si menyampaikan, Padang Panjang termasuk daerah yang rawan terjadinya bencana.

"Namun bukan berarti kita hidup dalam kekhawatiran. Tetap perlu ditingkatkan kewaspadaan terhadap potensi terjadinya bencana. Melalui kegiatan ini, diharapkan bisa menambah pengetahuan dan ke terampilan. Serta mampu mengoptimalkan potensi dan sumberdaya KSB yang ada di Kota Padang Panjang," ungkapnya.

Pihaknya berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan optimal, serta dapat diterapkan di lapangan. Sehingga jika ada bencana, kita telah siap dan sigap dengan bencana tersebut.

"Mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat bagi peserta. Dapat meningkatkan kepekaan, mempunyai mental yang tangguh, solid serta rajin dalam berlatih mitigasi bencana," harapnya

Anggota DPRD, Dr. Novi Hendri, S.E, M.Si Datuak Bagindo Saidi, salah satu pemateri yang juga merupakan ketua PMI Kota Padang Panjang memaparkan, peran relawan penanggulangan bencana pada situasi terdapat potensi bencana yaitu sebagai peringatan dini di tingkat masyarakat melalui penyuluhan, pelatihan dan gladi tentang mekanisme tanggap darurat bencana.

"Perlu kesiapsiagaan menghadapi potensi terjadinya bencana melalui langkah yang cepat, tepat, kerja sama dan berdaya guna," paparnya.

Dikatakannya, dalam upaya antisipasi pencegahan mitigasi bencana perlu kolaborasi seluruh pihak. "Ke depan kami akan terus memberikan dukungan bagi KSB dalam meningkatkan potensi sehingga mem punyai kemampuan yang bagus dalam penanggulangan bencana," katanya.

Sementara itu ketua pelaksana kegiatan ini, Ir. Zulheri, M.M menyebutkan, pelatihan ini diikuti 160 orang yang dibagi dalam dua angkatan. Untuk angkatan pertama akan berlangsung hari ini dan Rabu (30/3) dengan bentuk pembelajaran materi dan praktek.

“Pelatihan ini terlaksana atas bantuan pokok pikiran Anggota DPRD Novi Hendri. Sebagai narasumber, selain ketua PMI, ada juga Kapolres Padang Panjang, AKBP. Novianto Taryono, S.H, SIK, M.H, serta dari BPBD Provinsi Sumatera Barat,” tuturnya.( Dm) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama