Event Rang Solok Baralek Gadang Lolos Nominasi Kharisma Event Nusantara 2022

Realitakini.com-Kota Solok
 
Event Rang Solok Baralek Gadang masuk dalam event nasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Hal ini diumumkan secara resmi pada Peluncuran Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022, Selasa (1/3/2022), di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kemenparekraf , yang juga bisa disiarkan secara langsung di kanal YouTube resmi Kemenparekraf.

KEN 2022, adalah penyempurnaan dari Calendar of Event (COE) yang telah dilaksanakan sebelumnya oleh Kemenparekraf/Baparekraf. Dimana dengan adanya pandemi Covid-19 mengharuskan adanya penyesuaian dan adaptasi kebiasaan baru.

Setelah melalui proses seleksi yang ketat oleh Dewan Kurator, baik di tingkat provinsi dan nasional, akhirnya event Rang Solok Baralek Gadang masuk dan diakui dalam KEN 2022, Kemeparekraf.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Solok Elvy Basri, saat ditemui setelah peluncuran KEN 2022 merasa sangat bersyukur atas pencapaian ini. Dari 314 event yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia, akhir nya event yang diusulkan oleh Dinas Pariwisata Kota Solok bertajuk Rang Solok Baralek Gadang ini lolos masuk dalam 110 event nasional.

“Setelah seleksi yang ketat oleh kurator baik provinsi dan nasional, akhirnya Event Rang Solok Baralek Gadang lolos Pada KEN 2022. Tentunya ini tidak lepas dari dukungan semua pihak, terutama dukungan dari pimpinan daerah yang terus memberikan support sehingga sampai pada pencapaian ini,” ujar Elvy Basri.

Di tempat yang berbeda, Kepala Bidang Promosi Pariwisata dan Kebudayaan Diana Fitria, menyampai kan harapannya melalui event Rang Solok Baralek Gadang ini diharapkan Kota Solok lebih dikenal di tingkat nasional, dan menjadi salah satu kebanggaan karena merupakan event wisata yang berintegritas budaya dan ketahanan pangan.

“Event Rang Solok Baralek Gadang diharapkan akan menjadi event yang dapat menggerakkan per ekonomian rakyat, dan juga meningkatkan jumlah kunjungan ke Kota Solok,” tutur Diana Fitria.

Event Baralek Gadang ini merupakan perhelatan masyarakat dalam rangka memeriahkan Panen Raya di Kota Solok. Event dimaksud direncanakan akan dilaksanakan pada bulan September 2022, tepat pada saat musim panen, yang bertempat di Hamparan Sawah Kota Solok.

Beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan pada event ini antara lain prosesi batulak bala, pertunjukan seni dan budaya, instalasi jerami, festival alang-alang, bazar kuliner, festival silek basilumuih, seminar dan dialog, pawai budaya serta berbagai kegiatan permainan anak nagari lainnya.Selain Event Rang Solok Baralek gadang, ada dua event lain di Sumbar yang diluncurkan juga pada saat bersamaan yaitu Songket Carnival Silungkang (Kota Sawahlunto),dan Festival Pesona Minangkabau (Kabupaten Tanah Datar). (Syafri)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama