Tabligh Akbar Nagari Tanjung Koto VII Hadirkan Wabup dan Ketua Basnaz Sijunjung

Realitakini.com-Sijunjung, 
Jajaran pengurus LPTQ dan MUI Nagari Tanjung menggelar Tabligh Akbar dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan 1443 H yang akan dimasuki tidak lama lagi. Acara berlangsung di Lapangan Posko 82 Nagari Tanjung Kecamatan Koto VII pada hari Kamis sore (24/03/2022) sesudah waktu Sholat Ashar. 

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt, yang juga merupakan Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Sijunjung. Didampingi oleh Ketua Baznas Sijunjung H. Hidayatullah, Lc, MA,  Camat Koto VII Elko Febri Marola, Forkopincam, Walinagari Tanjung Defrizal beserta perangkat, BPN Nagari Tanjung Rio Senja Putra, Ketua KAN Simis Dt. Majo Sinaro, Ketua LDS Nagari Tanjung Sajadarman, Penyuluh Agama dari KUA Koto VII, Tokoh masyarakat setempat, Ketua Pemuda Jorong Tanjung Ampalu Nagari Limo Koto dan masyarakat sekitar yang memenuhi area Lapangan Posko 82 sejak siang hari.

Acara dibuka oleh ketua pelaksana kegiatan Tabligh Akbar yaitu Ketua LPTQ sekaligus Ketua MUI Nagari Tanjung, Zul Asfi pada pukul 16.00 wib. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Walinagari Tanjung dan arahan dari Wakil Bupati Sijunjung. 

Kepada Realitakini.com yang meliput kegiatan ini, Zul Asfi mengutarakan tujuan acara adalah untuk bersilaturahmi setelah sekian lama tidak bisa terlaksana karena pandemi Covid 19. Perdana dilaksana kan setelah dua tahun, Zul Asfi menyampaikan kendala keuangan yang dialami LPTQ Nagari Tanjung. Yang mana biasanya gaji guru TPQ berasal dari sumbangan warga Nagari Tanjung, tapi dengan melemahnya sektor ekonomi masyarakat akibat pandemi Covid 19, membuat pengurus LPTQ tidak tega meminta sumbangan lagi. 

"Melalui acara ini kami mohon kiranya perhatian dari Pemdakab Sijunjung untuk memberikan anggar an guna mensejahterakan guru-guru TPQ/TPSQ dan melancarkan kegiatan TPQ ini, sebab banyak kegiatan yang tertunda atau batal dilaksanakan seperti Didikan Subuh Gabungan yang terhenti karena tidak adanya dana ", ujar Zul Asfi.

Permintaan tersebut langsung direspon oleh Wakil Bupati Sijunjung yang akrab disapa Radi. Radi mengatakan Pemdakab Sijunjung melalui instansi terkait telah melakukan upaya-upaya terkait untuk mensejahterakan guru TPQ. Salah satunya adalah adanya dana insentif untuk guru TPQ/TPSQ yang disalurkan melalui Kantor Walinagari setempat, serta yang terbaru Kartu BPJS Ketenagakerjaan untuk perlindungan dan jaminan sosial bagi guru TPQ dan TPSQ, yang akan diserahkan secara simbolis hari Senin mendatang. "Sedangkan untuk hal lainnya seputar LPTQ, TPQ dan TPSQ nanti akan dikaji dan dicarikan solusinya, karena saya juga sebagai Ketua LPTQ Kabupaten Sijunjung tentunya saya akan memberikan layanan terbaik bagi masyarakat utamanya bagi perkembangan LPTQ, TPQ dan TPSQ", ujar Radi.

Acara puncak diisi oleh tausiyah dan doa bersama yang diisi oleh mantan Ketua MUI Sijunjung yang sekarang menjabat sebagai Ketua Baznas Sijunjung, H. Hidayatullah, Lc, M.A. Dengan cuaca sore yang cerah, masyarakat yang menghadiri Tabligh Akbar tersebut nampak serius mendengarkan uraian tausiyah yang penuh semangat dari Buya Hidayatullah, demikian beliau biasa disapa. Dalam tausiyah nya, selain mengemukakan hal tentang peningkatan iman dan taqwa jelang beribadah di bulan Ramadhan, Buya Hidayatullah juga mengingatkan agar tidak terbawa "euforia" yang biasa terjadi di masyarakat. Terkait menu buka puasa yang heboh, pernak-pernik lebaran yang serba baru dan hal-hal lain yang dianggap tidak terlalu dibutuhkan dalam menjalankan syariat agama Islam tersebut.(Hasnawati)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama