Jelang Idul Fitri 1443 H, BAZNAS Sijunjung Serahkan Zakat Kepada Ribuan Mustahik

Realitakini.com-Sijunjung
 Di penghujung Ramadhan 1443 H atau tepatnya pada hari Rabu (27/4/2022), Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sijunjung menyerahkan zakat kepada 448 orang dari total 1.131 orang penerima zakat (Mustahik) di Gedung Pertemuan Pancasila Muaro Sijunjung, Sumatera Barat.

Ketua BAZNAS H. Hidayatullah, Lc. MA kepada Realitakini.com menyampaikan bahwa data Mustahik ini merupakan usulan dari 28 OPD yang telah menjadi UPZ di BAZNAS kabupaten Sijunjung. Tahun lalu penerimanya atau Mustahik masih dibawah angka 300 orang. 

"Pada tahun ini mengalami kenaikan jumlah penerima menjadi 448 orang dengan jumlah uang yang di terima sebesar 400.000,- per orang. Sisanya sebanyak 683 orang penerima zakat mal mengambil zakat di BAZNAS Sijunjung pada keesokan harinya," ujar Buya Hidayatullah.

"Mengingat banyaknya Mustahik dan kondisi saat ini tengah berpuasa, maka penerimaan Zakat ini dibagi pada beberapa tempat dan akan berlanjut sampai besok," lanjutnya.

Saat diserahkan secara simbolis oleh Ketua BAZNAS H. Hidayatullah, Lc. MA di Gedung Pertemuan Pancasila, turut hadir Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si, Wakil BAZNAS,  Kepala Kemenag Sijunjung, Sekretaris Dinsos PprPA Mukharlis, Sekretaris DPMN Joni, Kasi Zawa dan Zakat Joharudin beserta seluruh pengurus UPZ se-Kabupaten Sijunjung.

"Alhamdulillah, saat ini hampir  pada seluruh instansi di Sijunjung telah terbentuk UPZnya. Baik dijajar an instansi Pemdakab, BUMD maupun Lembaga Vertikal yang berada di Kabupaten Sijunjung. Terakhir kemarin di Polres Sijunjung. Semoga kedepannya makin bertambah dari kalangan masyarakat yang memang termasuk kedalam kategori wajib berzakat. Agar makin banyak masyarakat kurang mampu yang terbantu dengan adanya program ini," pungkasnya. 

Acara berjalan tertib dan lancar dari pukul 09.00 WIB hingga menjelang pukul 12.00 WIB, walau sedang dalam suasana puasa Ramadhan. Terlihat Mustahik antusias dan merasa terbantu dalam menghadapi momen Idul Fitri yang akan datang.(Hasnawati)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama