KONI Kota Solok Targetkan Lima Besar Peroleh Medali pada Porprov 2023

Realitakini.com- Kota  Solok 
Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Solok menargetkan masuk lima (5) besar perolehan medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2023 mendatang. Pada Porprov sebelumnya, perolehan medali untuk Kota Solok hanya berada di posisi belasan. 

Hal itu dikatakan oleh Ketua KONI Kota Solok Rudi Horizon, usai menggelar Buka Bersama dengan insan olahraga Kota Solok di Sporth Hall Tanjung Paku Kota Solok, Rabu (20/4/2022).Dikatakan Ketua KONI Kota Solok, pihaknya terus menggenjot persiapan menatap pelaksanaan Porprov yang rencana nya digelar pada Maret 2023, yang bakal dilaksanakan di Padang Panjang dan Tanah Datar.

“Kita saat ini tengah mendata seluruh potensi atlet yang ada di Kota Solok, termasuk yang berkiprah di daerah lain. Kita himbau atlet Kota Solok untuk kembali membela daerah,” himbau Rudi Horizon.

Selain pengurus, acara Buka Bersama yang digelar KONI Kota Solok juga dihadiri oleh Wakil Walikota (Wawako) Solok Ramadhani Kirana Putra, Wakil Ketua DPRD Kota Solok Efriyon Coneng, anggota DPRD Kota Solok Rusdi Saleh, tokoh olahraga Kota Solok dan undangan lainnya.

Di samping pemetaan potensi atlet dan Cabang Olahraga (Cabor) yang berpeluang mendulang medali, KONI Kota Solok juga terus melakukan pembinan bagi seluruh Cabor yang ada di Kota Solok. KONI juga memfasilitasi pemenuhan fasilitas Cabor dan membiayai atlet potensial untuk mengikuti beragam kejuaraan.

“Alhamdulillah, kita mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kota (Pemko) Solok dan lembaga DPRD. InsyaAllah ini menjadi modal dan motivasi bagi pengurus KONI, Cabor dan atlet untuk mengharumkan nama daerah,” ungkapnya.

Pimpinan DPRD Kota Solok, Efriyon Coneng menyebutkan, DPRD akan memberikan dukungan penuh terhadap program pembinaan olahraga yang dilakukan oleh KONI Kota Solok. Menurutnya, anggaran dan program pembinaan harus berjalan secara berkelanjutan.

“Tentunya, legislatif dan masyarakat Kota Solok mengharapkan adanya perubahan yang lebih baik dalam bidang olahraga. Pembinaan olahraga bisa memberdayakan generasi muda dalam kegiatan positif, dan bisa berprestasi,” harap Efriyon.

Sementara itu, Wawako Solok Ramadhani Kirana Putra menyebutkan bahwa Pemko Solok sangat berkeinginan menjadi tuan rumah Porprov berikutnya. Dalam sejarahnya, Kota Solok merupakan daerah yang belum pernah menjadi tuan rumah secara mandiri.

"Mempersiapkan hal itu, Pemko Solok saat ini tengah mengebut pembangunan Gelanggang Olahraga (GOR) Marah Hadin di kawasan Laing. Pengerjaan GOR tersebut akan mulai tahun 2022, targetnya bisa rampung secepatnya," sebut Ramadhani Kirana Putra.

Kita perkirakan, imbuhnya, biaya pembangunan mencapai Rp26 miliar. Alhamdulillah, kita dapat dukungan dana bantuan khusus dari provinsi sebesar Rp12 miliar dari provinsi, Rp14 milliar melalui APBD Kota Solok,” ungkapnya. 

Wawako Solok berharap, dengan semakin lengkapnya fasilitas olahraga Kota Solok, termasuk GOR Marah Hadin, semakin mendorong gairah olahraga generasi muda. Kota Solok siap menjadi tuan rumah secara mandiri dalam ajang Porprov berikutnya. (Syafri)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama