Berawal Dari Sebuah Video Mesum Walinagari Darsel Ilyas, Dituntut Mundur Masyarakat

Realitakini.com-Kabuapten Solok 
Ratusan masyarakat Nagari Paninjauan, Kecamatan X Koto Diatas Kabupaten Solok, Selasa (24/5/2022), mendemo Kantor Walinagari Paninjauan. Masyarakat yang berdemo tersebut menuntut Walinagari Paninjauan Darsel Ilyas, segera mundur dari jabatannya. 

Dari pantauan Realitakini.com, aksi demo masyarakat ini dilakukan setelah terungkapnya perbuatan asusila yang telah dilakukan Darsel Ilyas dengan seorang Pegawai Koperasi Unit Desa (KUD) Paninjauan, berinisial TE (33).

Terungkapnya perbuatan asusila oleh Walinagari Darsel Ilyas, berawal dari sebuah video mesum yang beredar luas pada awal Januari 2022 lalu. Diduga, video mesum yang berdurasi selama 2 menit 47 detik tersebut, sengaja direkam oleh Darsel Ilyas, yang berlokasi di rumah orang tua Darsel pada tahun 2019 lalu. 

Wakil Ketua KAN Paninjauan Jamanir Imam Marajo, yang berada di tengah-tengah aksi, menyebutkan bahwa ia bersama masyarakat menilai tindakan asusila yang dilakukan Walinagari sudah sangat mencoreng nama Nagari Paninjauan. 

Jamanir mengiginkan Darsel Ilyas keluar dari Nagari Paninjauan, serta jangan lagi mengikuti kegiatan apapun di Nagari Paninjauan, apalagi atas nama walinagari.

"Kami mewakili tokoh agama tidak menginginkan lagi Darsel Ilyas sebagai walinagari, dan kami minta Darsel Ilyas agar segera meninggalkan jabatannya," sebutnya.

Para peserta aksi unjuk rasa diterima oleh Camat X Koto Diatas Riswandi B, dan camat tersebut mengatakan segala aspirasi masyarakat akan disampaikan ke pimpinannya.

"Persoalan ini akan kita bawa ke Pemkab dan Bupati Solok. Semua keputusan ini mempunyai proses, mari kita tunggu proses tersebut," tutur Riswandi.

Sementara itu Walinagari Paninjauan Darsel Ilyas yang dikawal ketat oleh pihak keamanan, dirinya mengakui telah berbuat asusila seperti apa yang disampaikan masyarakat dalam aksi demo.

"Saya mengakuinya, Tentunya mereka (masyarakat pendemo) tentu punya bukti," ujar Darsel Ilyas.Aksi demo ratusan masyarakat Paninjauan tersebut dimulai dari Simpang Tugu Pasar Paninjauan, dengan berjalan kaki menuju Kantor walinagari setempat. (Syafri)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama