Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Tanah Datar, Pentingnya Pembinaan Untuk Pengelolaan Arsip


Realitakini.com Tanah Datar                               -Peringattaan  ke-51 Tahun 2022, pada  Rabu (17/05/2022 di Pekanbaru Riau dihadiri langsung oleh kepala Arsip Nasional Indonesia (ANRI), Imam Gunarto.i

Dengan mengusung tema  Sinergi kearsipan untuk kemajuan bangsa tertip arsip transformasi digital kearsipan memori kolektif bangsa.

Hal itu disampaikan oleh kepala Dinas Perpustakaan dan kearsipan kabupaten Tanah Datar  Erizal Ramli, SH, saat wawancara dengan awak media dii kantor tersebut, Jum'at (20/05/2022).

Menurutnya perimgatan ke-51 hari kearsipan nasional sebagai momentum untuk lebih meningkatkan lagi pelayan kearsipan karena dokumen sangat penting sebagai memori bangsa dan sangat terkait dengan suatu pemerintahan, arsip sebagai bukti otentik atau bukti sah sebagai sumber informasi dan juga bukti sejarah.

"Arsip berada dalam bawah kemenPANRB untuk  kabupaten kita masih dalam taraf pembinaan, dan dari pengawasan arsip itu ada auditnya untuk Sumatra Barat kita berada pada level 5 tetapi dengan nilai yang dirasa masih kurang," ujarnya.

Secara umum menurut Erizal Ramli untuk pembinaan arsip sudah melakukan langkah-langkah yang pertama sebagai tonggak itu sumber daya manusia (SDM), sarana dan prasarana dan tata kelola arsip itu sendiri.

'Langka pembinaan arsip yang sudah kita ambil kita sudah melakukan pembinaan untuk OPD dan perangkat nagari dengan mengundang dan melakukan binaan disamping itu kita juga memberikan rapor untuk pengelolah arsip ada merah ada rapor kuning dan rapor hijau," sampai Erizal Ramli.

Lebih lanjut Erizal Ramli menyampaikan, "Darii sisi SDM Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Tanah Datar sudah memiliki 4 Arsiparis tapi yang menjadi kendala adalah untuk dinas-dinas dan lainnya untuk itu ketika arsip sudah dibina sarana dan prasarana sangat penting sekali dalam enyelenggaraannnya dan itu diperlukan anggaran," jelasnya.

Untuk itu kedepannya Erizal Ramli berharap ditahan 2022 dan 2023 dinas-dinas sudah memiliki sendiri Arsiparis  dan tata kelolah arsip yang baik  untuk itu dukungan dari pemerintah daerah sangat penting sekali dalam pelaksanaannya. (M).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama