Dilepas Secara Resmi Oleh Wabup, 110 CJH Asal Tanah Datar Berangkat Ke Tanah Suci Mekkah


Realitakini.com Tanah Datar                               -Sebanyak 111 Calon jemaah haji (CJH) Tanah Data. hari ini akan berangkat  menuju Tanah Suci Mekkah untuk melaksanakan ibadah haji tahun 2022.

Wakil bupati tanah Datar Richi Aprian dalam kesempatan itu  melepas secara resmi keberangkatan  calon jemaah haji, Sabtu (04/05/2022) di Gazebo Indojolito Batusangkar Sumatra Barat.

Dalam sambutannya wakil bupati Richi Aprian menyampaikan bahwa sejumlah 111 CHH akan berangkat menuju Tanah suci setelah sebelumnya berkumpul dulu di asrama haji Tabing  Padang .

"Sebanyak 111 calon jemaah haji asal Tanah Datar akan berangkat hari ini menuju Mekkah namun salah satu dari calon jemaah haji meninggal dunia  jadi jemaah yang resmi berangkat hari ini berjumlah 110 orang," ujar Wabup.

Lebih lanjut Wabup menyampaikan jemaah yang meninggal yaitu Zelfi Abdul Malik (57) CJH asal Batipuh yang meninggal subuh sebelum hari keberangkatan.

"Semoga seluruh CJH yang berangkat menunaikan ibadah haji semoga diberikan haji dan Hajjah yang mabrur oleh Allah SWT dan semoga Allah memberikan ampunan kepada almarhumah dan menerima niatnya dalam menunaikan ibadah haji dengan gelar Hajjah yang mabrur," sampai Wabup.

Sebelumnya kepala kementrian Agama Kabupaten Tanah Datar  Syahrul dalam sambutannya menyampaikan tahun ini pemerintah Arab Saudi memberikan kuota sebanyak 1 juta orang, untuk jemaah Indonesia 100.051 orang, Sumatra Barat 2.093 orang dan dari Tanah Datar 111 orang lengkap secara administrasi .

"Calon Jemaah Haji yang berangkat hari ini merupahkan jatah CJH yang batal berangkat akibat Pandemi pada tahun 2020 lalu, yang seharusnya berangkat sejumlah 281 orang namun yang bisa berangkat sebanyak 111 karena pembatasan dari pemerintah Arab saudi," jelasnya 

Lebih lanjut Syahrul menyampaikan sebenarnya ada 116 yang akan berangkat 5 orang batal berangkat ada pasutri dan perorangan, ada terkendala pembatasan umur  65 tahun dan juga tidak mau di vaksin.

"JCH Tanah Datar tergabung dengan kloter 2 Embarkasi Padang yang terdiri dari Kota Bukittinggi, kabupaten Padang pariaman, kota Pariaman, kota Padang ditambah petugas haji, ketua kloter, pembimbing ibadah dan tenaga medis menjadi 393 untuk kloter 2 tersebut,' pungkas Syahrul.

Turut hadir dalam pelepasan keberangkatan CJH, Forkopimda, Staf Ahli bupati, kepala OPD, Rektor IAIN Batusangkar Prof Dr Marjoni Imamora, M.Sc, Ketua GOW Patti Richi Aprian, dan tamu undangan lainnya.(M)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama