Ketua DPRD Supardi Harapkan “Pemerintah Harus Mendukung Usaha Pengembangan Pembuatan Rendang

Realitakini.com- Sumbar 
Koperasi Anak Nagari Minang Kabau merupakan koperasi pemasaran UMKM yang ada di Sumatera Barat, dengan menitik beratkan pada pemasaran kuliner, fashion, kriya, budaya, pariwisata, dan jasa.
 Ketua DPRD Sumbar sangat mendukung usaha pembuatan rendang yang dilakukan Koperasi Anak Nagari Minang Kabau, dalam mempertahankan budaya tradisional

Pada saat pertemuan dengan anggota dan pengurus koperasi Anak Nagari Minangkabau ketua DPRD Sumbar Supardi dengan tegas mengatakan.” pemerintah harus men dukung usaha dan upaya masyarakat dalam usaha produksi berbagai hal,termasuk rendang yang merupakan makanan tradisio nal Minangkabau.
Jika berbicara rendang, bukan hanya hasil masakannya saja yang bisa dijual, namun proses pembuatannya juga bisa dijadikan produk wisata, jika dimasak dengan cara tradisional seperti orang tua-tua terdahulu.

Rendang akan semakin nikmat jika dimasak mempergunakan tunggu yang apinya marak dengan mempergunakan kayu bakar, jauh lebih nikmat dibandingkan jika dimasak memakai kompor gas.
Usaha kuliner, khususnya pembuatan rendang harus mendapat dukungan pemerintah, dan jangan sampai pemerintah malah membuat sebuah badan usaha sendiri dalam melakukan produk ini, sehingga sektor UMKM menjadi mati.

“Pemerintah harus mendukung pengembangan semua sektor UMKM, khususnya usaha pengembangan pembuatan rendang serta peluang pemasarannya, jangan sampai pemerintah membuat usaha pula untuk hal ini, tapi harus men-suport usaha masyarakat yang sudah ada,” tegas Supardi saat pertemuan, Jumat (3/5/2022), malam.

Lebih jauh ditambahkan Supardi, untuk rendang itu sendiri merupakan kuliner unik yang tahan cukup lama dan memiliki cita rasa berbagai pula, berdasarkan daerah dimana rendang itu dimasak.

“Rendang itu memiliki cita rasa luar biasa dan berbeda-beda, untuk daerah Payakumbuh saja, masing-masing daerah cita rasanya berbeda, antara koto Godang, dengan lainnya, namun rendang itu akan terasa nikmat jika dimasa dengan tungku, itu juga bisa dijual menjadi kegiatan wisata,” tutur Supardi.Saat pert emuan dengan Koperasi Nak Nagari Minang Kabau juga tampak hadir anggota DPRD Sumbar Yusuf Abit, Kadis Perindag Sumbar Asben Hendri, coach pariwisata Andiko Jumaril, dan dari Aprindo Sumbar Darmawi serta Rinaldi. (* RK)

Post a Comment

Previous Post Next Post