Menteri Koperasi Dan UKM Teten Masduki Buka Secara Resmi Bazar Djadoel Blitar

Realitakini.com Blitar
 
Bazar Blitar Djadoel  setelah  kurang lebih dua tahun terhenti akibat Pandemi Covid -19 ,dan pada hari ini Jumat ( 17/06/2022) resmi di buka kembali  oleh Menteri Koperasi Dan UKM Teten Masduki di dampingi Wakil WaliKota Blitar Tjuk Tjuk Sunario.

Perlu di ketahui Bazar Blitar Djadoel setiap tahun rutin di gelar Pemkot Blitar dan kali ini Bazar Blitar Djadoel diikuti oleh 4000 pelaku UMKM baik dari Kota Blitar maupun luar Kota ,” ujar Hakim Sisworo Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan ( Disperindag ) Kota Blitar.

Wakil Walikota Blitar Saat Memberikan Sambutan Pada Pembukaan Bazar Blitar Djadoel 2022 
Sebanyak 12 daerah di luar Kota Blitar yang akan ikut meramaikan bazar ini ,juga diikuti provinsi lain di luar Jatim yaitu Jateng ,Jabar dan Papua.

Hakim Sisworo juga mengatakan,” Bazar Blitar Djadoel bukan saja pameran produk UMKM ,juga pertunjukan Kesenian seperti tadi di buka olehKesenian Tarian Barongan Kucingan khas Blitar dan nanti malam ada Sendratari Ray Simben Buleleng Bali.

Wakil Walikota Blitar Tjuk Tjuk Sunario dalam sambutannya mengatakan Bazar Blitar Djadoel mengatakan,” Bazar Blitar Djadoel merupakan rangkaian dalam memperingati bulan Bung Karno karena bulan Bung Karno hanya di Peringati di Kota Blitar.

Wakil Walikota Blitar Bersama Menteri Menkop UKM Teten Masduki, Dan Para Kepala Daerah Lain Yang Menghadiri Bazar Blitar Djadoel Saat memukul Gendang .Sebab Pancasila yang di gali oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni  dan tanggal 6 Juni adalah lahirnya Bung Karno dan setiap tanggal 21 Juni Kita mengelar Haul Bung Karno,” Jelas Wakil Walikota Blitar.

Bazar Blitar Djadoel ini bukan hanya sekedar pameran biasa  dan juga hanya sekedar hiburan akan tetapi untuk membangkitkan UMKM dan pertumbuhan ekonomi di Kota Blitar ini Wakil Walikota Blitar menambahkan,” Bazar Blitar Djadoel di gelar dalam rangka menumbuhkan kembangkan semangat ekonomi kreatif dan dan pemulihan ekonomi lpasca Pandemi

Wakil Walikota Blitar ini juga mengatakan,” Di Blitar Djadoel kegiatannya di kemas dalam nuansa tempo dulu , mulai dari festival ,makanan mustika rasa ,sarasehan Kebangsaan , sarasehan Pancasila, literasi dan Bedah buku grebek Pancasila, Sarasehan Jaranan Blitar, Workshop UMKM, Batik , Demo Panggung Rakyat, Festival Tari Tradisional,Anak dan Musik Tradisional.

Siswa siswa SLTA Saat menyemarakan Bazar Blitar Djadoel.Menteri Koperasi Dan UKM Teten Masduki dalam sambutannya mengharapkan,”dengan Blitar Djadoel, berdampak ekonomi bagi IKM/UMKM dan bisa menggerakkan ekonomi masyarakat.

Teten mengingatkan pada masyarakat untuk mewaspadai terhadap Inflasi dunia dimana saat ini tingkat pertumbuhan ekonomi rendah yang dipicu oleh inflasi yang tinggi, harga pangan dan energi yang meningkat.

Menurutnya, ini akan membawa dampak melemahnya daya beli masyarakat yang berkurang karena terhambatnya lapangan kerja.Oleh karena itu Pemerintah daerah untuk mengantisipasi keadaan ini perlu adjustment terhadap program dan anggaran.

“Pasca pandemi UMKM bukan hanya perlu dicover tetapi juga butuh Tranformasi, jadi bukan sekedar memulihkan tetapi tranformasi, seperti yang diamanatkan Presiden bahwa UMKM sebagai penyelamat ekonomi nasional tetapi juga sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia, ” jelasnya.

Menko UKM berpesan kepada Wali Kota Blitar melalui Wakil Wali Kotanya, untuk menyiapkan UMKM  supaya tumbuh dan bisa menyerap anggaran yang sudah disiapkan oleh pemerintah pusat.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki juga sangat bahagia karena dalam acara ini kami di sambut dengan kesenian tari jaranan asli Kota Blitar , untuk kostum penarinya tertata dengan baik , dan saya sangat mengapresiasi karena Blitar punya seni yang sangat luar biasa belum ada di Kota lain.(edy)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama