Sosialisasi Perencanaan Karir Sebagai Upaya Mempersiapkan Diri Memasuki Dunia Kerja

Realitakini.com -- Pasaman
Pendidikan tinggi merupakan merupakan salah satu Lembaga Pendidikan yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, memiliki pengetahuan dan keterampilan yang luas dan siap untuk memasuki dunia kerja.  

Mahasiswa dalam proses pembelajaran di bangku kuliah tidak saja mendapatkan teori tapi juga mendapatkan berbagai keterampilan yang akan bermanfaat bagi mereka nantinya saat memasuki dunia kerja.

Pada era globalisasi dan perdagangan bebas saat ini lulus dari bangku kuliah tidak menjamin seseorang bisa langsung mendapatkan pekerjaan. Data Biro Pusat Statistik menunjukkan adanya penurunan jumlah Angkatan kerja dimana jumlah angkatan kerja di Sumatera Barat pada Februari 2021 sebanyak 2,77 juta orang, turun 3,46 ribu orang dari Agustus 2020. 

Hal ini tentu menjadi PR bagi kita semua, tak terkecuali perguruan tinggi yang menghasilkan lulusan yang diharapkan siap memasuki dunia kerja. 

Selain itu, mahasiswa yang berada pada rentang usia dewasa awal memiliki tugas perkembangan yang salah satunya berkaitan dengan memperoleh pekerjaan yang layak, dengan demikian pada masa ini individu sudah seharusnya mulai memikirkan rencana masa depan yang berhubungan dengan karier dan pekerjaan apa yang akan dirintis setelah tamat dari masa perkuliahan. 

Mahasiswa perlu memiliki kesiapan kerja yang baik, agar mampu bersaing dalam dunia kerja, akan tetapi berdasarkan survey awal yang tim lakukan, masih banyak ditemukan bahwa mahasiswa belum memiliki perencanaan karir yang matang Ketika mereka nantinya lulus dari bangku perkuliahan.                  

Beberapa mahasiswa belum memahami tentang kemampuan mereka sendiri, dan juga belum memahami apa kekurangan dan kelebihan yang mereka miliki. Hal inilah yang menjadi latar belakang tim untuk melakukan sosialisasi perencanaan karir pada mahasiswa Fakultas psikologi yang sedang menyusun tugas akhir. (Nurman)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama