TP PKK Provinsi Sumbar Nilai TP PKK Nagari Cubadak Kabupaten Pasaman

Realitakini.com -- Pasaman 
Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Nagari Cubadak, dinilai tim penilai lomba gerakan PKK Provinsi Sumatera Barat, Jumat (17/6/2022).Tim Penilai TP PKK Provinsi Sumatera Barat, Ny. Fitri Amalia Audy menyampaikan, kehadiran rombongan tim selain menilai Gerakan PKK daerah ini sekaligus merupakan ajang tatap muka dengan para kader dan masyarakat. 

Ia juga menambahkan selain itu penilaian yang dilaksanakan saat ini adalah merupakan bagian dari program, tim Penggerak PKK Propinsi Sumatera Barat untuk memantau serta mengevaluasi sejauh mana capaian 10 program PKK yang telah di laksanakan di daerah ini.

Kemudian,  untuk kali kali ini ada 3 ( tiga ) kategori yang akan di nilai diantaranya, Lomba tertib administrasi PKK ( PJ.Sekretaris ), Pola Asuh anak dan remaja di era digital atau disingkat" PAAREDI yang di bidangi oleh Pokja I, Lomba usaha pendapatan keluarga ( UP2K) PKK dan Vlog Produk UP2K dan untuk kegiatan ini di pegang oleh Pokja II.

Selanjutnya, Lomba kawasan, amalkan, dan kukuhkan halaman Asri ,teratur, indah dan nyaman ( Aku hatinya PKK ), di bidangi oleh Pokja III  dan Lomba PHBS Plus di bidangi oleh Pokja IV.Fitria Amelia juga menegaskan, pelaksanaan kegiatan yang akan di nilai hendaknya harus mencerminkan kegiatan utuh 10 program pokok PKK.

Seterusnya, sambutan Bupati Pasaman yang di sampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman  Drs H. Mara Ondak  menyebutkan, penilaian yang dilaksanakan saat ini pada hakikatnya bukanlah untuk mencari kesalahan, akan tetapi merupakan bagian dari rangkaian pembinaan dan evaluasi rutin.

Menurut Bupati, untuk itu momen tersebut harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh TP PKK Kabupaten Pasaman beserta jajaran nya, sebagai bahan kelanjutan pembinaan terutama dalam peningkatan peran dan fungsinya sebagai penggerak pembanguan, dalam sektor kesejahteraan keluarga dalam rangka mewujudkan visi dan misi pemerintah Kabupaten Pasaman yaitu Terwujudnya masyarakat Pasaman yang lebih baik dan bermartabat.

Bupati Pasaman berharap dari sekian aspek yang di nilai dapat menjelaskan seluruh aktifitas, dan capaian yang telah diperoleh dengan bukti bukti yang autentik tampa rekayasa."Disamping itu TP PKK di tuntut untuk melakukan inovasi dan kreatif dalam melakukan pembinaan,"pungkasnya.

Pada kesempatan itu Ketua TP PKK Kabupaten Pasaman, Ny.Susi Benny Utama dalam sambutanya mengatakan,   mitra kerja pemerintah, TP.PKK Kabupaten Pasaman berperan mendukung program pembangunan yang didukung berbagai OPD terkait sehingga berbagai kegiatan yang digelar bisa berjalan baik.

Selanjutnya, TP.PKK Pasaman bekerjasama dengan Diskominfotik dan Disdukcapil Pasaman tengah menyiapkan aplikasi pendataan dasawisma secara online dan akan di lounching pada tanggal 24 Juni 2022 bertepatan dengan pertemuan Iskada s-Sumbar di Kabupaten Pasaman.

Sementara program pembinaan PKK dari seluruh tingkatan, baik ditingkat kecamatan maupun nagari, secara optimal terus dilakukan, yang mendapat apresiasi luar biasa dari para kader PKK, dengan ber agam inovasi dalam mendorong eksistensi ditengah keluarga dan masyarakat.

Terakhir Ketua TP PKK Kabupaten Pasaman menjelaskan, salah satunya, PKK Nagari Cubadak, yang sukses melahirkan berbagai terobosan pelaksanaan program pokok PKK, “ kami optimis dengan dukungan seluruh elemen yang ada, PKK Nagari Cubadak bisa menjadi yang terbaik di Sumbar. (Nurman)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama