Dibuka Secara Resmi Oleh Wagub Sumbar, Bupati Eka Putra Harapkan MTQ ke-41 Tanah Datar Sebagai Motivasi Untuk Generasi Muda



Realitakini.com Tanah Datar.                                -Wakil Gubernur Sumatra Barat Audy Joinaldy Secara resmi membuka MTQ ke-41 Tingkat Kabupaten Tanah Datar, Senin (20/06/2022) di lapangan Bola Kaki Saruaso Kecamatan Tanjung Emas.

Acara didahului dengan pawai taa'ruf yang dibuka oleh Wakil Bupati Richi Aprian, SH, MH selaku ketua LPTQ Tanah Datar dengan dimeriahkan dengan tari kolosal oleh pemuda-pemudi Tanjung Emas.

Terlihat hadir dalam pembukaan MTQ ke-41 Kabupaten Tanah Datar tersebut Anggota DPRD Sumbar Ir H. Arkadius Dt Intan Bano, ketua DPRD Tanah Datar Rony Mulyadi Dt Bungsu SE, Forkopimda, Kabid  Penais Zawa pada kemenag Sumbar, Bupati Tanah Datar periode 2005-2015 Shodiq Pasadigoe, Wakil Bupati sekaligus Bupati Tanah Datar periode 2016-2021 Zuldafri Darma, Sekda Iqbal Rama Dipayana, Asisten, kepala OPD, Camat Tanjung Emas Zulkifli Idris, Camat se-Tanah Datar,  Walinagari se-Tanah Datar, ketua KAN,  BPRN, Tokoh masyarakat, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Wakil gubernur Sumbar Audy Joinaldy menyampaikan ajang MTQ bertujuan untuk mensiarkan agama Islam melalui ayat Al-Qur'an sekaligus ajang untuk motivasi untuk peningkatan dan pemahaman Al Qur'an.


'kami sangat mengapresiasikan pelaksanaan MTQ kali ini menjadi momentum kebangkitan umat, karena sudah saatnya masyarakat  memetik hikmah daripada MTQ sehingga  menjadikan masyarakat tanah datar yang qurani guna mewujudkan Tanah Datar yang makmur dan maju," ujarnya.

Wagub juga menyampaikan pelaksanaan MTQ ke-41 Kabupaten Tanah Datar sekaligus menjadi ajang seleksi untuk MTQ tingkat Nasional di Kalimantan Selatan.

"Semoga dengan pelaksanaan MTQ ini akan melahirkan qori dan Qoriah terbaik yang akan mewakili propinsi Sumbar dan tentunya akan menjadi kebanggaan tanah datar, untuk itu marilah kita berkompetisi dengan baik," sampainya.

Tidak lupa dalam kesempatan itu Wagub juga menyampaikan apresiasi kepada  pemerintah kabupaten Tanah Datar yang sudah membuat inovasi untuk kemajuan Tanah Datar dengan berbagai program.

"Perlu kami sampaikan,  sampai saat ini Tanah Datar mampu menjadi produsen beras terbesar di Sumatera Barat dan ini merupahkan suatu prestasi sekaligus tantangan untuk bupati dan wakil bupati untuk mempertahankan dan meningkatkan lagi diberbagai bidang,' jelasnya.

Sementara itu Bupati tanah Datar Eka Putra, SE, MM dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan MTQ ke-41 merupahkan momentum pertama baginya bersama Wabup sebagai pasangan bupati dan wakil bupati Tanah Datar terpilih.

"Kami meyakini Alquran merupahkan sumber ilmu pengetahuan yang tidak habis-habisnya dikaji dan didalami untuk dipelajari untuk itu dengan dilaksanakan MTQ ke41 ini  kami bertekad untuk meraih sukses baik dalam pelaksanaannya maupun dalam hasilnya," kata bupati.

Lebih lanjut bupati juga menyampaikan ditengah gencarnya arus global dengan pergeseran nilai-nilai menjadikan Islam dan  Al Qur'an dijadikan rujukan utama dalam kehidupan dan tatanan masyarakat.

"Mari kita jadikan MTQ  tingkat kabupaten Tanah Datar ini untuk menggali potensi generasi muda bukan hanya meraih prestasi semata, untuk Itu demi kelancaran pelaksanaan MTQ ke-41 saya berharap kepada panitia untuk bisa melaksanakan dengan sebaik-baiknya,"  sampai Eka Putra.

Dalam kesempatan itu wakil bupati tanah datar dalam laporan sebagai ketua LPTQ Tanah Datar menyampaikan apresiasi donatur, panitia pelaksana, dan pengurus LPTQ kecamatan dan nagari dengan terselenggaranya MTQ ke-41 kabupaten Tanah Datar di kecamatan Tanjung Emas.

"Pelaksanaan MTQ ke-41 dimulai dari tanggal 20-24 Juni 2022 akan dilombakan 31 cabang perlombaan  dengan 850 kafilah dari 14 kecamatan di Tanah Datar," pungkas Wabup Richi Aprian.(**)

Reporter Mailis

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama