HUT ke 5 Posyandu Jiwa Seroja Warta Desa Wonorejo Kec Talun Memberikan Pendampingan Kepada Warga ODGJ


Realitakini com - Blitar.
Pemerintah Desa Wonorejo Kecamatan Talun,melaksanakan HUT ke- 5  "Posyandu Jiwa Serojo Warta" Desa Wonorejo , acara tersebut dihadiri , Asisten , Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar , Kepala Dukcapil Kabupaten Blitar , Camat Talun , Kapolsek Talun , Koramil Talun , 5 perwakilan  Kades , dan undangan .Rabo (13/07/2022) di halaman Kantor Desa Wonorejo.

Dalam sambutanya, Kepala Desa Wonorejo Fendriana Anita Sari mengatakan, ulang tahun ini digelar untuk mengingat sejarah di mana Posyandu kesehatan jiwa didirikan berawal untuk memberikan pelayanan kesehatan jiwa untuk beberapa desa di wilayah Kecamatan Talun. 

Kesuksesan Posyandu ini juga dibuktikan dengan tidak sedikit pasien yang sembuh dari penyakit gangguan jiwa , Hebatnya lagi, Posyandu Jiwa Seroja Warta juga sukses melatih ODGJ menjadi produktif diantaranya dengan menjual athu kres keliling, jualan di toko, membuat bros dan mukena, bertani dan lainya.

‘’Alhamdulilah berkat bimbingan Pak Camat, stakeholder terkait dan Dinas Kesehatan Kabupaten  Blitar, seluruh desa dan kelurahan di Kecamatan Talun bergabung dengan Posyandu kesehatan jiwa. Saat ini ada sekitar 200 ODGJ yang mendapat perawatan dari Posyandu ini."  jelas  Fendriana. 

Di kesempatan yang sama, Asisten Administrasi Umum Setda Pemkab Blitar Mashudi menyampaikan Bupati Blitar Rini Syarifah memberikan dukungan penuh dan apresiasi untuk Posyandu kesehatan jiwa di Desa Wonorejo dan Desa Kendalrejo Kecamatan Talun. 

Pihaknya berharap suksesnya perjalanan Posyandu kesehatan jiwa di Kecamatan Talun ini menjadi percontohan bagi desa/kelurahan lain di Kabupaten Blitar.

Di wilayah Kecamatan Talun jumlah ODGJ berat sebanyak 156 jiwa dan tidak ada yang dipasung. Jumlah ini cukup banyak dibandingkan kecamatan lain.
Target layanan kesehatan jiwa terhadap ODGJ berat adalah sebesar 100 persen sesuai standar pelayanan minimal (SPM) bidang kesehatan. Artinya setiap ODGJ berat harus mendapatkan pelayanan kesehatan sesuai standar, baik berupa pengobatan rawat jalan sampai dengan rujukan FRTL (fasilitas rujukan tingkat lanjut). Kami berharap perjalanan sukses Posyandu keswa di Talun ini menular ke desa/kelurahan lain di Kabupaten Blitar." ungkap Mashudi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten. Blitar, dr Christine Indrawati mengatakan Posyandu Jiwa Seroja Warta adalah Posyandu kesehatan
Posyandu kesehatan jiwa pertama di Kabupaten Blitar. Selain Posyandu jiwa, Kabupaten Blitar juga memiliki empat titik pelayanan kesehatan jiwa oleh Psikiater masing-masing Poli Jiwa RSUD Ngudi Waluyo Wlingi, Puskesmas Srengat, Puskesmas Kesamben dan Puskesmas Kademangan.

‘’Mendirikan Posyandu jiwa itu tidak gampang, bukan sekedar mendirikan gitu aja tidak. Tapi butuh komitmen dari lintas sektor, karena tida mudah menghadapi ODGJ. Bukan tugas dari kepala desa, puskesmas, tapi banyak lintas sektor yang terlibat." tutur  dr Christine.

Lebih dalam dr Christine menyampaikan, Dinas Kesehatan memberikan perhatian penuh kepada ODGJ. Diantaraya bekerjasama dengan Dispendukcapil Kabupaten Blitar untuk perekaman e-KTP. Dinas Kesehatan juga membantu merujuk ODGJ berat ke rumah sakit jiwa untuk pengobatan.

‘’Penanganan ODGJ ini lintas sektor, kita tangani secara sinergitas. Untuk sosialnya ada dinas sosial yang memberikan bantuan, fasilitasi dan pelayanan."  pungkasnya. (edy)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama