Peringatan Harganas Ke 29, Wali Kota Blitar Launching ‘One Touch Stunting’

Realitakini com-- Blitar.
Wali Kota Blitar Santoso saat melaunching 'One Touch Stunting' kota Blitar.Peringatan Harganas Ke 29, Wali Kota Blitar Launching ‘One Touch Stunting’

Wali Kota Blitar Drs. H. Santoso, M.Pd me launching ‘One Touch Stunting’ pada acara Peringatan Hari Keluarga Nasional ke 29 yang diselenggarakan di Balaikota Kusumo Wicitra, Senin (11/07/2022).

‘One Touch Stunting’ merupakan sebuah aplikasi yang digagas oleh Dinas Pember dayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Ber encana (DP3AP2KB) Kota Blitar.

“Kegiatan Peringatan Hari Keluarga Nasional ke 29 dan launching ‘One Touch Stunting’ aplikasi dari Dinas P3AP2KB Kota Blitar, mudah-mudahan akan membantu mempercepat proses penyembuhan warga yang terkena stunting,” kata Santoso usai kegiatan.

Menurutnya, dari aplikasi tersebut sekali kita tekan, warga yang mengalami stunting pada posisi dimana, maka sudah bisa di kunjungi sekaligus mungkin bisa diberikan bantuan berupa pengarahan, obat-obatan dan sebagainya.Ia menjelaskan, "stunting tidak bisa ditangani sendiri oleh Dinas P3AP2KB, tetapi menjadi tanggung jawab kita bersama, makanya dalam acara tadi Dandim telah berkenan menjadi bapak asuh stunting di Kota Blitar.

Sambungnya, berharap angka stunting di Kota Blitar bisa zero stunting, walapun skala nasional mencapai 24%, sedangkan target dari Presiden pada 2024 yakni 14%, sementara di Kota Blitar mencapai 12%.

Dalam upayanya untuk pencegahan stunting, pihaknya juga sudah membentuk tim gabungan yang terjun secara bersama-sama untuk memonitor dan mengunjungi keluarga yang mengalami stunting atau pencegahan dini terhadap stunting, seperti pemberian gizi kepada ibu hamil.

“Kalau gizinya tercukupi, insyaallah stunting tidak akan terjadi, termasuk sumber penyebabnya yakni terjadinya pernikahan dini,” imbuhnya.( kmf / edy)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama