Raih ADWI 2022, Silokek Kembali Dikunjungi Menparekraf RI

Realitakini.com-Sijunjung
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno kembali berkunjung ke Geopark Silokek Sijunjung untuk kali kedua pada Rabu (06/7/2022), setelah kunjungan kerja tahun 2021 lalu bersama anggota DPR RI Andre Rosiade. 

Sandiaga Uno beserta tim penilai Desa Wisata Indonesia hadir dalam rangka menyerahkan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022 kepada Nagari Silokek yang masuk dalam Nominasi 50 Desa Wisata Indonesia. Menparekraf yang akrab disapa "mas menteri" dan rombongan sampai di negeri sejuta pesona ini pada hari Rabu (06/7/2022) pukul 14.00 WIB. Disambut dengan meriah oleh seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.

Tak kurang dari Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, Dandim 0310/SSD Letkol. Inf. Endik Hendra Sandi, Kapolres Sijunjung AKBP Muhammad Ikhwan Lazuardi, Sekdakab Zefnihan, Kadis Parpora  Afrineldi, Camat Sijunjung Adri, seluruh OPD, Camat, Walinagari, Tokoh Adat dan masyarakat Kabupaten Sijunjung menyambut kehadiran "mas menteri" di gerbang masuk Geopark Silokek.

Pada kunjungan tersebut, Sandiaga Uno disuguhkan berbagai pesona keindahan Geopark Silokek mulai dari alam, budaya, seni, kuliner dan ekonomi kreatif yang berpotensi sebagai penunjang destinasi pariwisata di Silokek. 

Realitakini.com yang meliput kegiatan ini secara khusus di kawasan Rest Area Geopark Silokek menyaksikan,  "Mas Menteri" sempat mengunjungi beberapa titik kawasan wisata yang ada di Geopark Silokek, meninjau produk kuliner lokal, membeli souvenir hasil kerajinan tangan UMKM Sijunjung, melihat proses pembuatan batik CETA BACORAK dan menyaksikan penampilan alat musik tradisonal "Talempong Kayu" sebelum menandatangani Prasasti Desa Wisata Indonesia di lokasi Rest Area Geopark Ranah Minang Silokek.

"Tulisan dari tahun 1927 yang terdapat dalam goa Ngalau Basurek, Kompaknya Pokdarwis bersama Pemdakab dalam mengelola Geopark Silokek serta kekayaan seni budaya, seperti alat musik tradisional yang dimainkan para bundo kanduang serta tari Mandulang Ameh yang dibawakan dengan apik oleh murud SD Silokek, membuat saya sangat terkesan," tutur Sandiaga Uno.Hal ini diungkapkan beliau kepada para Awak Media saat melakukan doorstop di kawasan Rest Area Geopark Silokek. 

"Infrastruktur dan jaringan internet perlu segera dibenahi agar bisa melaksanakan Event-event besar berskala dunia nantinya. Untuk pendanaan, jangan takut. Saya sudah membawa perwakilan Bank Terbesar di Asia Tenggara yakni BCA yang siap bekerjasama dengan Pemdakab Sijunjung," lanjutnya Sementara itu, Bupati Sijunjung mengungkapkan bahwa tujuan Geopark Silokek bukan hanya sekedar sebuah tempat pariwisata yang instan. Melainkan sebuah konsep pembangunan daerah berkelanjutan.

"Artinya bukan hanya pariwisata yang kita jual disini, melainkan banyak sektor lain yang akan digerak kan. Geopark Silokek sekarang sedang dalam proses menuju status Unesco Global Geopark (UGG). Pembenahan terus kita lakukan termasuk mempersiapkan seluruh dokumen dan bahan pendukung lainnya. Alhamdulillah pemerintah provinsi mendukung penuh untuk itu," pungkas Benny Dwifa. (Hasnawati)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama