Sekretariat DPRD Provinsi Sumbar Miliki Pocadi Untuk Sukseskan Program Gubernur

Realitakini.com-Sumbar
Sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Barat memiliki layanan Pojok Baca Digital (Pocadi). Fasilitas baru terbuka untuk publik merupakan upaya menyukseskan program strategis gubernur meningkatkan minat baca masyarakat serta bikin ketagihan pengunjung membaca di Gedung DPRD Provinsi Sumatera Barat.Sekretaris DPRD Provinsi Sumbar Raflis mengatakan, Pocadi merupakan salah satu inovasi sekretariat memberikan pelayanan informasi melalui sumber-sumber bacaan kepada masyarakat.

“Ada ratusan buku yang tersedia, mulai dari bacaan filsafat, agama, ilmu hukum hingga media masa,” ujar Raflis di Gedung DPRD Sumbar, Selasa, 5 Juli 2022.Menurut Raflis, Pocadi terletak persis di samping kiri jenjang menuju ruang sidang utama, dilengkapi dua unit komputer menyimpan data-data sumber informasi DPRD Sumbar, masyarakat bisa menggunakan perangkat lunak  untuk mengakses situs-situs tentang DPRD Sumbar.

“Sekretariat DPRD Sumbar merupakan satu-satunya OPD memiliki Pocadi. Dalam penghargaan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumbar berhasil menjadi OPD terinformatif,” ujar Raflis Lanjut Raflis, situs sumber-sumber informasi DPRD Sumbar, website DPRD Sumbar, repository produk hukum daerah DPRD Sumbar, PPID pelaksana DPRD Sumbar dan perpustakaan DPRD Sumbar.

“Terkait buku-buku sekretariat sebenarnya sudah memiliki perpustakaan, khusus sentuhan digital yaitu Pocadi,” katanya.Dilanjutkan Raflis, tidak hanya masyarakat umum, seluruh unsur sekretariat DPRD Sumbar juga bisa memanfaatkan fasilitas itu untuk meningkatkan pengetahuan, salah satu tujuannya agar terhindar dari rasa malas dalam bertugas.

“Dalam prinsip kinerja sebagai lembaga publik,sekretariat DPRD Sumbar berkomitmen mendukung program keterbukaan informasi, berbagai inovasi dilahirkan untuk menunjang hal itu, diantaranya menyediakan Pocadi,” ujar RaflisUntuk diketahui Sekretariat DPRD Provinsi Sumbar juga telah memiliki dua aplikasi yaitu ASIK dan KUBE, dua aplikasi ini bertujuan untuk mendekatkan DPRD dengan masyarakat, serta untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas dalam pelaksanaan tugas.

“Kube dan Asik  tersedia pada google play store dan bisa didownload melalui  smartphone, Kube merupakan aplikasi yang memuat  pemberitaan tentang kegiatan DPRD Sumbar secara kelembagaan hingga perorangan,” ujar Raflis

Ditambahjan Raflis, program aplikasi ASIK merupakan aplikasi penerimaan aspirasi secara online, sehingga masyarakat bisa menyampaikan keluhan serta kebutuhan daerah melalui kanal digital.“Jadi masyarakat tidak perlu lagi susah payah mendatangi gedung DPRD, jika tidak terlalu krusial bisa melalui aplikasi saja. Dengan aspirasi diterima dewan akan turun sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi),” ujar Raflis mengakhiri ( *Rk)




Post a Comment

Previous Post Next Post