Antisipasi Berita Hoax di Media Sosial, Imnas Bengkulu Gelar Sosialisasi kepada Masyarakat

Realitakini.com - Bengkulu 
Turut memeriahkan HUT RI ke 77 tahun, katan Media Nasional (Imnas) Bengkulu melaksanakan kegiatan sosialisasi atau penyuluhan terkait hoax dibeberapa titik lokasi dalam kota Bengkulu. Dengan mengusung tema "Mengenal dan Mengantisipasi Hoax di Media Sosial" Imnas Bengkulu melibatkan 10 orang pengurus dan menyasar langsung ke masyarakat.

Koordinator1 Imnas Bengkulu, Iskandar Herli, SH mengatakan, pemberitaan bohong atau palsu (hoax) menjadi fokus perhatian banyak kalangan. Banjir informasi menyulitkan khalayak untuk menentukan informasi yang benar dengan informasi palsu. Metode literasi media tentu dapat dilakukan dengan berbagai cara. 

Untuk itu, lanjut Iskandar, menghadapi generasi digital native yang terbangun dengan teknologi digital ditangannya, tentu dibutuhkan strategi-strategi baru. 

"Namun, tidak kalah penting diperlukan pertukaran informasi terkait hoax, sehingga dapat terbangun komunitas yang memiliki ketahanan terhadap hoax," ujarnya.

"Salah satu metode yang coba dilakukan sebagai respon dari temuan dalam penelitian yang telah banyak terjadi pada fenomena hoax di indonesia ini adalah dengan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, berupa diskusi dan sosialisasi pengetahuan secara langsung, sehingga masyarakat mudah untuk memahaminya," tutupnya. 

Kegiatan ini dilaksanakan dengan memberikan contoh-contoh kontemporer dan pemaparan terkait risiko-risiko dari ketersebaran hoax. (Rk/r)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama