Blitar Ethnic National Carnival 2022 Jadi “Icon” Baru Kota Blitar

Realitakini.com-Blitar 
Dalam rangka memperingati HUT Ke-77 Republik Indonesia, Pemerintah Kota Blitar menggelar Blitar Ethnic National (BEN) Carnival, Sabtu (27/08/2022). Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta yang berasal dari OPD/UPT Pemkot Blitar, BUMN, dan BUMD.

Mengusung tema “Nasionalis dalam Kebhinekaan”, BEN Carnival menyuguhkan beragam tampilan seni dan budaya dari seluruh penjuru Indonesia. BEN Carnival dibuka dengan penampilan penyanyi cilik berprestasi Kota Blitar, Mikhael Atma. Lalu penonton disuguhkan berbagai tampilan seni, salah satunya kesenian khas Kota Blitar, Tari Barongan Kucingan Condromowo. Melalui BEN Carnival, harapannya semua dapat mengetahui seni tradisional dari seluruh penjuru Indonesia, namun juga tidak ketinggalan dengan budaya yang berasal dari luar negeri.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK), Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P yang hadir meresmikan BEN Carnival menyampaikan bahwa Kota Blitar merupakan kota yang iconic, kota yang memiliki kelebihan salah satunya adalah sebagai kota tempat disemayamkannya Proklamator Bung Karno. Oleh karena itu, Menko Muhadjir mengajak seluruh masyarakat untuk melanjutkan dan melestarikan apa yang diwasiatkan oleh Bung Karno.

“Marilah kita gali semua nilai-nilai kearifan lokal dan kecerdasan lokal yang dimiliki oleh Kota blitar. Mari kita hidupkan kembali sesuai dengan pesan Bung Karno,” ujarnya.

Sementara itu, Walikota Blitar, Drs. H. Santoso, M.Pd. menyampaikan bahwa BEN Carnival merupakan ajang pewarisan nilai budaya lokal, menggerakkan ekonomi masyarakat, dan melestarikan nilai-nilai asli Indonesia yang dikemas dengan pertunjukan modern. Kegiatan ini juga mendukung program pemerintah pusat untuk pemulihan ekonomi daerah. Harapannya dapat membangun optimisme bahwa pasca pandemi kita semua bisa pulih lebih cepat bangkit lebih kuat.

“Kegiatan Blitar Ethnic National Carnival adalah wujud semangat nasionalisme sekaligus rasa syukur kita atas nikmat kemerdekaan yang kita nikmati bersama,” ujar Walikota Blitar.

Kegiatan yang memiliki rute mulai dari kantor DPRD Kota Blitar hingga Aloon-Aloon Kota Blitar ini juga turut dihadiri oleh Staf Ahli Menteri Parekraf RI,Perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sub Koordinator Event Daerah 2, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Kepala Bakorwil III Jawa Timur Malang, Forkopimda dan undangan lainnya. (kmf / edy)

Post a Comment

Previous Post Next Post