Bupati Eka Putra Menerima Kunjungan Dari Lemhannas RI



Realitakini.com Tanah Datar                               -Dipimpin Prof Dr. Ir Bondan Tiara Sofyan, M.Si  Tenaga ahli pengajar Bidang SKA Lemhannas RI sebayak 33 orang dari Lembaga ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) melakukan Studi Lapangan Isu Strategis Nasional program Reguler Angkatan IXIV Ke Tanah Datar.

Kedatangan Rombongan kegiatan studi lapangan Isu Strategis Nasional PPRA tahun 2022 Lemhannas RI disambut oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM didampingi Forkopimda, Dandim 0307/Tanah Datar Letkol Czi Sutrisno, ST, M.IP, Ketua TP-PKK Lise Eka Putra, kepala OPD, Kamis (25/08/2022) di Gedung Indojolito Batusangkar.

Dalam Sambutannya  Bupati Eka Putra juga alumni Lemhannas angkatan ke 55 di tahun 2016 itu, mengenalkan segala potensi di luhak nan tuo kepada 33 orang rombongan yang terdiri dari 8 orang organik Lemhannas RI dan 25 orang peserta PPRA Lemhannas RI secara menyeluruh, baik potensi wisata, budaya maupun kuliner. 

Bupati menambahkan sebagai tempat asal usul budaya Minangkabau, Tanah Datar kaya akan adat istiadat yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. 

“Selamat datang di Tanah Datar, kita memiliki potensi alam yang sangat luar biasa, disamping potensi budaya dan potensi kulinernya,” ujar Bupati Eka. 

Bupati Eka mengatakan pemerintah daerah juga terus berupaya mengembangkan potensi di sektor pertanian maupun peternakan melalui Program Unggulan (Progul) yang manfaatnya telah dirasakan sebagian besar masyarakat Tanah Datar. 

“Kita telah melaksanakan program bajak gratis, menjalankan program ansuransi padi, sapi dan kerbau, inilah beberapa progul yang manfaatnya telah dirasakan oleh masyarakat,” ujar Bupati Eka. 

Tak hanya itu, Bupati Eka menyebutkan bahwa Tanah Datar penghasil bawang dan cabe merah berkualitas, dari komuditi  itu pula pemerintah daerah berhasil meraih penghargaan TPID award di tahun 2021. 

“Inilah Tanah Datar, dengan segala potensinya, kita berharap dari kunjungan peserta  PPRA Lemhannas RI, terjalin silaturahmi untuk membuka peluang  dalam pembangunan di luhak nan tuo ini,” ujar Bupati Eka

Sementara itu sebelumnya, ketua Rombongan Lemhanas Bondan Tiara Sofyan dalam sambutannya  mengatakan sebelumnya rombongan itu sudah mengunjungi kabupaten Solok untuk program pertanian dan mengunjungi Istano Basa Pagaruyung sebelum menuju gedung Indojolito untuk bertemu bupati Eka Putra.

"Sumatra Barat memiliki alam yang indah dengan kuliner yang cita rasanya sangat enak sekali mempunyai potensi yang sangat besar dalam meningkatkan perekonomian di bidang pariwisata dan ini sangat luar biasa untuk saya buatkan laporannya nanti  karena akan bisa menarik minat wisatawan dengan potensi alam," katanya.

Dalam kesempatan itu pimpinan rombongan mengucapkan terima kasih dan apresiasi telah di terima di Tanah Datar serta di berikan waktu untuk berfikir dalam sebuah daerah.

"Ada 25 program unggulan gubernur Sumatra Barat dan untuk itu di Sumbar kami memilih dua program yaitu pertanian kita berkunjung ke Solok dan Program pariwisata kami berkunjung ke Tanah Datar dan nantinya ke Bukittinggi," ujarnya.

Diakhir sambutannya ia berharap ada peningkatan PAD yang besar yang nantinya meningkatnya ekonomi bagi masyarakat dan menjadi masyarakat  Tanah Datar yang adil dan makmur. (**)

Reporter Mailis (RK)



Post a Comment

Previous Post Next Post