Bupati Kabupaten Solok Epy Asda: Sinergi Industri Pariwisata Dan Olahraga Lahirkan Konsep Sport Tourism.

Realitakini.com-Arusuka 
Sinergi industri pariwisata dan olahraga melahirkan konsep sport tourism. Dengan keindahan alam, keragaman budaya, dan antusiasme tinggi pada olahraga, sport tourism sangat prospektif dikembangkan di Kabupaten Solok. 

Hal ini katakan Bupati Kabupaten Solok Epy Asda di ruang kerjanya 16/8/2022 Salah satu yang kini menjadi prioritas adalah Danau Singkarak, salah satu olahraga Pacu sampan dan sepeda.Maupun ini udah masuk di klender Pariwisata maupun di data kominfo kabupatean  Solok, supaya pendatang dari berbagai daerah benar-benar senang di Wisata Kabupaten Solok Rally 2022.

Bupati Epy Asda mengatakan," Danau  Singkarak, Danau di Atas dan  Danau di Bawah. bakal kita ada kan ber macam-macam olah raga Rally 2022 yang digelar pada Agustus sampai akhir tahun ini. tidak hanya merupakan event olahraga, tapi juga bagian dari pengembangan sektor pariwisata, sehingga se jalan dengan konsep sport tourism. "Potensinya tidak hanya level kabupaten/kota.

 Kita arap kan ini Nasional, tapi juga Asia Pasifik, bahkan kelas dunia," ujar Bupati, dalam keterangan resminya,Menurut Epy, gelaran rally di kawasan Danau  Singkarak dan Danau di Atas Danau di Bawah. Bisa  memicu efek domino bagi industri pariwisata. 

 Dia mengkalkulasi, dengan  puncak Hari Kemerdeka an RI 17-Agustus 2022  Di Siko kita bisa me yakinkan, mobil rally atau sepeda pembalap, satu peserta bisa membawa tim mekanik dan keluarga hingga totalnya 1.000 atau 2000 orang.

Ditambah lagi dengan 300an panitia  dari berbagai DPKD maupun sekolah dan masyarakat Nagari juga ikut penonton dari berbagai daerah, sehingga setidaknya ada ribuan  orang yang datang ke ajang Danau Singkarak dan Danau Atas dan Danau di Bawah Rally 2022. Apabila setiap orang rata-rata membelanja kan Rp 2 juta untuk hotel dan konsumsi selama gelaran yang diadakan Pemdakab Solok ,ini bisa per putaran uang yang berputar mencapai rarusan juta sampai akhir tahun ini. 

 "Itu semua akan menjadi efek domino untuk mem bangkitkan sport tourisman Danau  Singkarak dan Danau Atas  Danau di Bawah,”kata  epy Asda

Di sisi lain, saya  juga sangat mengapresiasi kontribusi berbagai pihak yang mendukung penuh gelaran bermacam-macam Ivan yang aman kita adamantly di  Kabupaten solok ini. Salah satunya, pacu sampan , bersepeda,  yang menyediakan lahan konsesi Hutan Tanaman Industri (HTI) Sektor Aek Nauli di Kabupaten Solok sebagai trek untuk Danau Rally 2022."Karakteristik trek Aek Nauli ini sangat lengkap dan variatif, jadi sangat menantang. Ini trek kelas dunia karena dulu pernah menjadi lokasi WRC (World Rally Championship)," jelas Bupati.

 Kawasan Danau Singkarak ini luas dan berbagai lokasi yang kita majukan,memang pernah menorah kan tinta emas dalam sejarah penyelenggaraan kejuaraan Pacu Sampan Di Danau Singkarak. Ketika me njadi lokasi pelaksanaan gelaran olahraga Dan Iven Pariwisata Sektor Aek Nauli menjadi salah satu trek yang banyak diapresiasi Masyarakat sekitar. Dimana bisa bersama Al pada Perekonomian Masyarakat setempat,Lanjut Bupati Solok mengatakan, " dengan prinsip keberlanjutan, sehingga bisa menghadir kanlokasi untuk kejuaraan Pariwisata  yang layak dikembangkan hingga kelas dunia."Ini merupakan bentuk dukung an penuh kami pada pengembanan olahraga dan sektor pariwisata Danau Singkarak yang menjadi destinasi prioritas nasional," ucapnya.(*RK)


Post a Comment

Previous Post Next Post