Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan ,Dorong Dan Tingkatkan Partisipasi Siswa Dalam Melaksanakan Program UKS

Realitakini.com-Pesisir Selatan
Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) melalui Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan me lakukan pembinaan dokter kecil di Sekolah Dasar (SD) Negeri 03 Koto Pulai di kecamatan itu.

 Hal ini untuk mendorong dan meningkatkan partisipasi siswa dalam melaksanakan program Unit Kesehatan Sekolah (UKS), Koordinator Pembinaan dokter kecil (dokcil) Puskesmas Rahul Tapan, drg Rony, mengatakan Selasa (9/8) bahwa program dokcil di wilayah kerja Puskesmas Rahul itu sudah menjadi program rutin setiap tahun.

"Sekolah yang rutin dilakukan pembinaan tahun ini adalah SD Negeri 03 Koto Pulai. Sebab di sekolah ini ada sebanyak 14 orang dokter kecil. Mereka ini terdiri dari siswa kelas 4, 5 dan 6," katanya

"Tujuan umum terbentuknya dokter kecil di sekolah juga untuk meningkatnya partisipasi siswa dalam program UKS. Sedangkan tujuan khususnya adalah agar siswa dapat menjadi penggerak hidup sehat di sekolah, di rumah dan di lingkungannya. Selain itu agar siswa juga dapat menolong dirinya sendiri, sesama  siswa dan orang lain untuk hidup sehat, dan lain sebagainya" terang Rony

Dia menjelaskan bahwa tim yang terlibat dan diterjunkan untuk pembinaan dokcil itu terdiri dari petugas Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat, Petugas Gizi dan Petugas Kesehatan Lingkungan.

"Kegiatan ini juga kita lakukan pada Senin (8/8) kemarin, dengan menurunkan tim yang saya jelaskan tadi. Sebab banyak hal yang perlu disampaikan kepada para dokter kecil ini dalam menjalankan misi kemanusiaanya di sekolah, bahkan juga di lingkungan tempat tinggalnya," jelas Rony.

Hal itu dijelaskannya karena dokter kecil adalah siswa yang memenuhi kriteria dan telah terlatih untuk ikut melaksanakan sebagian usaha pemelihara an dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya. ," jelas Rony.( RK/kmf)

Post a Comment

Previous Post Next Post