Masuk Nominasi, Forikan Sijunjung Dikunjungi Tim Penilai Lomba Kinerja Forikan se-Sumatera Barat

Realitakini.com- Sijunjung
Forikan Kabupaten Sijunjung yang dipimpin oleh Ny. Riri Dwifa serta berada dibawah binaan Dinas Pangan dan Perikanan (Dispapperi), dikunjungi oleh tim penilai Lomba Kinerja Forikan tingkat Provinsi Sumatera Barat, pada hari Jum'at (19/8/2022).

Tim inti penilai Lomba Kinerja Forikan Provinsi yang berkunjung terdiri dari tiga orang yaitu Candra Gumilarti sebagai ketua,  Eli Yosmeri dan Nani Darlis sebagai anggota. Yang ditugaskan langsung oleh Ketua Forikan Provinsi Hj. Harneli Mahyeldi.

Penyambutan dan acara ramah tamah berlangsung di Balairung Lansek Manih, Kantor Bupati Sijunjung Sumatera Barat. Kedatangan tim penilai beserta rombongan langsung disambut dengan penampilan spesial TK Pertiwi Palangki sebagai Icon Anak Gemar Ikan. Selain itu, Forikan Sijunjung juga me nyediakan kuliner bakso bakar yang berbahan ikan, produksi salah satu UMKM binaan Dispapperi Kabupaten Sijunjung.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Forikan Sijunjung Ny. Riri Benny Dwifa, Wabup Sijunjung H. Iraddatillah, Plt. Kadis Pangan dan Perikanan Arwilson, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Puji Basuki, Kadis Pertanian Ir. Ronaldi, Forum Sijunjung Sehat Fajar Septrian, Duta Forikan, Kadis Dalduk dan KB. 

Bertindak sebagai panitia pelaksana, Fungsional APHP (Analis Pasar Hasil Perikanan) Dispapperi Elda Fitria, mengatakan bahwa kegiatan penilaian ini dilakukan sebagai bagian dari Even Tahunan rutin se-Sumatera Barat. Tujuannya adalah untuk mengetahui fungsi dan peranan Forikan dalam menyebarkan gerakan "Gemar Makan Ikan" di masing-masing Kabupaten.

Ketua tim penilai Lomba Forikan Candra Gumilarti ketika berbincang-bincang dengan Realitakini.com menyampaikan bahwa Kabupaten Sijunjung merupakan Kabupaten/Kota ketujuh yang dikunjungi, dari 8 Kabupaten/Kota yang masuk Nominasi Lomba Forikan se-Provinsi Sumatera Barat. 

"Kami berharap dengan adamya kegiatan ini, tidak hanya sebatas lomba saja melainkan melakukan terobosan-terobosan untuk membuat anak gemar makan ikan," ujar Candra Gumilarti.

"Yang akan dinilai nantinya adalah  yang pertama pada sasarannya, yaitu ibu PKK, Dasawisma, KWT dan Kader Pos Yandu. Kedua yaitu Mitra, terkait kerjasama Forikan dengan Pemdakab serta kelompok-pendukung setempat seperti OPD terkait, mitra Forikan, Bank serta Kelompok-kelompok Budidaya Ikan. Dan yang ketiga adalah Sekretariat Forikannya sendiri, bagainana pembukuannya, data-datanya maupun administrasinya secara tertulis," jelas Ketua tim penilai Lomba Kinerja Forikan.

Di tempat yang sama, Ketua Forikan Sijunjung Ny. Riri Dwifa Yuswir menyampaikan rasa syukur dan harapannya, sehingga melalui Lomba ini  bisa memotivasi para anggota Forikan agar lebih giat lagi dalam menyebarkan gerakan Anak Gemar Makan Ikan. Dan bagi pelaku usaha yang berbahan dasar ikan, bisa lebih kreatif lagi dalam menciptakan berbagai menu dari ikan. 

"Kita bersyukur, Sijunjung masuk Nominasi Lomba Forikan tingkat Provinsi Sumatera Barat. Hal ini tidak terlepas dari kerjasama tim Forikan dan juga mitra Forikan Sijunjung yang telah berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat agar gemar makan ikan. Dan semoga menjadi motivasi agar kedepannya lebih baik lagi," ujar Ny. Riri Benny. (Hasnawati)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama