Pelepasan 5 Ekor Balam Warnai Pembukaan Festival Talago Kamba Oleh Bupati Eka Putra


Realitakini.com Tanah Datar                              -Diawali dengan giat maarak anak dari rumah bako pengantaran  dengan seribu kain panjang  Festival Talago Kamba Tabek Patah secara resmi dibuka bupati Tanah Eka Putra, SE, MM, Sabtu  (13/08/2022) di Talago Aie Pakih Nagari Tabek Patah kecamatan Salimpaung.

Turut hadir dalam festival tersebut Anggota DPRD Tanah Datar Nurhamdi Zahari, Kapolres Tanah Datar AKBP Ruly  Indra Wijayanto, S.I.K, Dandim 0307/TD, Ketua TP-PKK Lise Eka Putra, Staf Ahli, para Asisten kepala OPD,  Forkopimca, Camat Salimpaung, Kapolsek Salimpaung M.Rahmad Zen, Walinagari se Salimpaung, Walinagari Tabek Patah H.Krisman Dt Nan Kayo, Ketua KAN, Ketua BPRN, tokoh masyarakat , Bundo kanduang, tokoh pemuda, tamu undangan dan masyarakat setempat.

Dalam sambutannya Walinagari Tabek patah H. Krisman Dt Nan Kayo menyampaikan atas nama pemerintah nagari mengucapkan terima kasih dengan adanya satu even satu nagari yang merupahkan program unggulan bupati tanah datar.

"Alhamdulillah satu even satu nagari yang merupahkan program unggulan bupati dari kecamatan Salimpaung nagari Tabek patah ditunjuk untuk menggelar even dalam mewakili kecamatan," sampainya.

Nagari Tabek patah terdiri dari lima suku koto Piliang , Melayu Mandailing, bodi chaniago, kutianyie adat Salingkah nagari adalah kearifan lokal dari tiap-tiap punya adat istiadat sendiri dan dari nagari Tabek Patah  tema even kali ini adalah seribu kain panjang.

Even festival Talago Kamba akan digelar selama dua hari dari tanggal 13-14 Agustus akan menampilkan banyak kegiatan seni dan budaya yang merupahkan kegiatan nagari seperti randai, silat dan juga kuliner sebagai ciri khas nagari.

"Untuk itu kami atas nama pemerintah nagari mengucapkan terima kasih kepada bupati tanah datar dan camat Salimpaung yang sudah menunjuk nagari Tabek patah untuk mewakili Dalam Satu Even satu nagari," ujar H. Krisman Dt Nan Kayo.

Sementara itu dalam sambutannya Anggota DPRD Tanah Datar Nurhamdi Zahari Dt Indo Marajo Nan Bapayuang Ameh menyampaikan semoga dengan adanya kegiatan satu even Satu Nagari bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Festival Talago Kamba adalah suatu kegiatan yang sangat luar biasa karena sudah mulai satu bulan yang lalu kegiatan ini sudah direncanakan dengan matang dan alhamdullilah berkat dukungan semua pihak baik dari Ninik mamak, unsur kepemudaan, unsur Bundo kanduang kegiatan berjalan dengan baik," sampainya.

Lebih lanjut Nurhamdi Zahari yang juga merupahkan putra asli nagari Tabek Patah itu berharap kegiatan Festival Talago Kamba merupahkan awal dari kebaikan bagi nagari Tabek Patah dan semakin meningkatkan semangat kekompakan.

"Kami atas nama masyarakat Nagari Tabek patah mengucapkan terima kasih kepada bapak bupati Tanah Datar semoga dengan adanya even ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Tabek Patah ke depannya," tutur Nurhamdi Zahari Dt Indo Marajo Nan Bapayuang Ameh.

Bupati Tanah Datar Eka Putra dalam sambutannya menyampaikan rasa bangganya karena sudah membuka  sebanyak 3 Even Satu nagari baru di Festival Talago Kamba dihadiri lengkap oleh Forkopimda Tanah Datar.

"Kami atas nama pemerintah daerah memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah, panitia pelaksana dan masyarakat yang sudah mendukung acara kegiatan anak nagari dalam satu even satu nagari dengan kegiatan Festival Talago Kamba, sasuatu kegiatan yang memiliki konsep yang sangat luar biasa," ujar bupati.

Sebelumnya bupati menyampaikan ucapan rasa bangga karena sudah menjadi bagian dari anak nagari Tabek patah untuk itu menurut Bupati akan meningkatkan potensi nagari dan SDM anak muda di daerah tersebut.

"Semoga pelaksanaan kegiatan festival talago Kamba bisa berjalan dengan sukses dan lancar karena saya lihat yang datang hari ini bukan saja dari masyarakat Tabek patah dan masyarakat kecamatan Salimpaung tapi juga saya lihat pengunjung dari luar daerah seperti dari Bukittinggi dan kota lainnya," pungkas Eka Putra.

Acara dilanjutkan dengan pelepasan 5 ekor balam sebagai bentuk simbolis dibukanya festival Talago Kamba oleh Bupati didampingi Ketua TP-PKK, Kapolres, Dandim beserta Istri, dari Kajari dan Anggota DPRD Nurhamdi Zahari dengan  makna memiliki  5 suku yang ada di Nagari tersebut dan dilanjutkan dengan pawai adat salingkah nagari. (M)

Reporter  Mailis.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama