Perguruan Silat Taduang Bangke Batipuh Raih Juara Umum II

                                 Foto Ketua Perguruan Silat Mustafa Akmal bersama Pelatih Ilham M. Dhani dan Atlit.
Realitakini.com Tanah Datar.                             
-Perguruan Silat Taduang Bangkeh yang berpusat di Jorong Ladang Laweh Nagari  Batipuah Baruah Kecamatan Batipuh berhasil meraih juara Umum II dalam Kejuaraan Silat Nasional Open Padang Champion 1 Sumbar, Riau dan Jambi yang dilaksanakan di GOR Haji Agus Salim dari Tanggal 19 - 21 Agustus 2022.
 
"Keberhasilan dari perguruan silat ini dalam kejuaraan tersebut berhasil meraih Enam Medali emas, Lima Medali Perak dan Empat Medali Perunggu disamping itu salah satu atlit kita Gilang berhasil menjadi atlit terbaik dalam kejuaraan tersebut," ujar Ketua Perguruan Silat Taduang Bangkeh Mustafa Akmal Dt Sidi Ali didampingi official  Habib Mardatilah dan pelatih Ilham M Dhani seusai menerima trophi juara umum II tersebut.

Menurut Mustafa Akmal dalam kejuaraan Open Padang champion 1 tersebut, Perguruan yang dipimpinnya membawa 15 orang, 2 siswa SD dan untuk kategori Pra remaja berasal dari SMP 1 Batipuh sebanyak 7 orang dan MTsN Pitalah 6 orang.

"Keikutsertaan perguruan silat kita dalam kejuaraan ini sudah keempat kalinya dalam usaha  melestarikan kembali adat dan budaya serta melahirkan bibit atlit yang berprestasi serta unggul dalam bidang pencak silat," tuturnya

Lebih lanjut Ia menyampaikan,, "Alhamdulilah suatu prestasi yang sangat menggembirakan karena kami bisa bersaing dengan atlit lainnya khusus atlit silat dari SD dan SMP sebagai  ajang pembinaan bagi kami dalam mendidik dan menambah wawasan dan pengalaman kita dalam  kejuaraan ini dan sebelumnya kita juga telah ikut kejuaraan pencak silat tangan mas tingkat Sumbar di Lubuk Basung dan juga satu orang anak Perguruan Silat Taduang Bangkeh juga ikut dalam Kejurda silat di Solok Selatan sebagai utusan LPSI Tanah Datar," katanya.
 
Dalam mengikuti kejuaraan silat sumatera, Riau dan Jambi di Payakumbuh mereka berhasil meraih dua medali selanjutnya dalam kejuaraan open Internasional dari tanggal 13 sampai 17 Agustus dipandepokan Taman Mini Indonesia Indah Jakarta.

Sedangkan dalam open Padang  Perguruan silat Taduang Bangkeh mengikutkan 15  atlit pemula dengan rincian 2 orang siswa SD, 5 orang siswa SMP dan 7 orang siswa MTsN dan yang berhasil meraih medali perak, Alif siswa SD Subarang dan Putri siswa SD Balai Gadang.

Untuk tingkat Pra remaja berasal dari SMP 1 Batipuh peraih medali emas yaitu Deo Fransesta, Yaya Tunissa dan Yaumil Malik, sementara untuk peraih perak ada dua orang yaitu Raisani Putri Rosra dan Zaskya Dwi Abdillah. Peraih tiga perunggu Gina Qolbi, Fadillah Balqis dan Rahmad Aulia.
 
Kemudian untuk kategori Pra remaja dari MTsN Pitalah meraih Empat medali Emas, Muhammad Rian Tsaqifi, Alexandri Yimelki , Gilang, dan Asyifa Putri Mediari. Sementara satu perak diperoleh Gina Putri Indriani.

"Keberhasilan ini juga merupakan langkah  awal pembinaan yang kita lakukan untuk memotivasi anak - anak perguruan silat dengan terus mengikutkan anak anak kita dalem setiap kejuaraan baik yang diadakan IPSI sumbat maupun yang diadakan Perguruan silat lainnya di sumbar maupun tingkat nasional," tutupnya.

Diakhir penyampaiannya Mustafa Akmal Dt Sidi Ali mengatakan, sebagus apapun kita berlatih tapi kalau tidak diikutkan berbagai kejuaraan tentu sulit bagi kita untuk mengukur sejauh mana kemampuan kita dalam berlatih. (**)

Post a Comment

Previous Post Next Post