Rektor Universitas Islam Riau Kunjungi Ke Gedung Painan Convention Center Pasisir Selatan

Realitakini.com-Pesisir selatan 
Rektor Universitas Islam Riau (UIR) beserta rombongan  berkunjung ke Gedung Painan Convention Center (PCC), Kamis (25/8).Kunjungan Rektor UIR tersebut disambut langsung oleh Wakil Bupati Pesisir Selatan (Pessel) Rudi Hariyansyah di dampingi para kepala perangkat daerah, asisten dan staf ahli serta Camat dan Wali Nagari, Bamus, LPMN serta Kepala SMA dan SMK.

Kunjungan ini dalam rangka untuk menjalin silahturahmi serta kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dengan UIR dalam Per janjian Kerjasama dan Kesepakatan bersama tentang pelaksana an Tri Darma Perguruan Tinggi.PKS yang ditandatangani meliputi bidang Pendidik an, Penelitian, Peng abdian Masyarakat dan Pe manfaatan Sumber Daya Bersama.

Penandantangan PKS dilakukan melalui Wakil Bupati Pesisir Selatan Rudi Hariyansah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Salim Muhaimin, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pe ngendalian Penduduk Keluarga Berencana, Zulkifli serta Bapedalitbang.Wakil Bupati RudiHariyansyah menyambut baik kerjasama dalam itu. Sesuai dengan visi dan misi pemerintah daerah yang salah satu nya menitik beratkan pada bidang pendidikan dalam pembangunan sumber daya manusia.

"Kami berharap kerjasama ini bukan sebatas seremonial semata. Tapi, ada tindaklanjuti dengan implemen tasi dan aksi nyata ke depan," jelas Rudi.Rudi mengucapkan terimakasih kepada UIR karena telah menetapkan Kabupaten Pesisir Selatan sebagai mitra dalam kerjasama itu dengan harapan nanti nya dapat mempercepat capaian visi dan misi pemerintah daerah dalam meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan beriman, kreatif dan berdaya saing di era digitalisasi saat ini.

visi dan misi daerah adalah untuk mewujudkan Pesisir Selatan yang lebih sejahtera, maju bermartabat didukung oleh pemerintah yang akuntabel dan professional ,”kata Rudi .Pada 2021-2024, pencapaian visi yang diharapkan untuk meletakkan fondasi yang kokoh bagi pembangunan Pesisir Selatan yang fokus pada peningkatan kualitas sumber daya manusia serta penguatan fundamental perekonomian,” sebut  Rudi

"Untuk itu, dengan adanya kerjasama ini akan mempercepat capaian kami dalam pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas, beriman, kreatif dan berdaya saing," tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Rudi juga meminta kepada Rektor UIR bahwa dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat ke depannya dalam penempatan mahasiswa yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) atau mahasiwa magang serta praktek kerja lapangan dan lokasi penelitian diharapkan daerah Pesisir Selatan dapat menjadi pertimbangan dan prioritas dalam pemilihan dan penetapan lokasi.

Sementara itu, Rektor Universitas Islam Riau (UIR), Syafrinaldi menjelaskan UIR dengan visinya yang baru menuju 2041 akan menjadi Universitas Islam Dunia yang berbasiskan iman dan takwa.
Kampus tertua di Provinsi riau itu, memiliki 9 fakultas dan 42 program studi yang didukung oleh 179 dosen dan guru besar.

Diatas luas bangunan sekitar 42 hektar, Kampus UIR mencetak generasi yang berkualiatas yang terhimpun dalam sembilan fakultas, diantaranya Fakultas Hukum, Agama Islam, Teknik, Pertanian, Ekonomi dan Bisnis, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Ilmu Sosial dan Politik, Psikologi, Ilmu Komunikasi termasuk program pasca sarjana.

Sebut Syafrinaldi, UIR berada diperingkat 120 sebagai universitas Islam di dunia. Kampus itu juga melaksanakan dua kerjasama di kampus Jerman dalam pertukaran mahasiswa dan dosen. Kemudian, UIR adalah satu dari 22 kampus di dunia yang punya pembiayaan pertukaran mahasiswa tersebut.
Lebih dari itu, sebetulnya UIR kata Rektor tersebut juga memiliki banyak prestasi lain. Bukan para dosennya saja yang mendunia bahkan mahasiswanya juga turut mendunia.

"Dari kementerian Pendidikan, Kebudayaan,Riset dan Teknologi dalam hal penerapan kampus merdeka  UIR torehkan prestasi. Kami mendapat apresiasi bersama 12 kampus PTS lain, dan menerima dana sebesar Rp900 juta dalam bentuk kegiatan," paparnya.

Justru itu, UIR dengan semangat kebersamaan dalam mencetak SDM yang berkualiatas juga siap untuk menerima calon magister dari jajaran pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan."Masih banyak capaian UIR yang dilakukan dengan kebersamaan. UIR punya program yang banyak sesuai dengan misi keislaman. Berbagai beasiwa diluncurkan ke setiap orang bagi penghafal Al-Qur'an. Seandainya ada putra-putri hafiz terbaik di Pesisir Selatan ini, kami sangat berbangga menerimanya sesuai dengan kebijakan yang ada di UIR," katanya lagi.

Rektor UIR Syafrinaldi mengucapkan terimakasih karena telah adanya Perjanjian Kerjasama dengan pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan. Sehingga dampak dari kerjsaman tersebut berbuah kebaikan antara kedua belah pihak.

Tim UIR yang berkunjung ke Pesisir Selatan diantaranya Ketua Umum Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Riau, Nurman, Wakil Rektor I, Syafendri, Direktur Program Pasca Sarjana UIR, Yusril, Dekan Fakultas Ilmu Sosial Politik, Sahrul, serta Wakil Direktur Program Pasca Sarjana dan para Wakil Dekan dan Prodi.

Usai melakukan PKS, Rektor dan rombongan menuju rumah dinas Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar untuk makan siang bersama dengan Wakil Bupati Rudi Hariyansyah dan jajaran perangkat daerah. ( kmf/RK)

Post a Comment

Previous Post Next Post