Sebanyak 162 Warga Binaan Rutan Masamba Terima Remisi Umum

Realitakini.com Masamba
Dalam Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 Tahun , Pemerintah memberikan apresiasi berupa pengurangan masa menjalani pidana (remisi) bagi mereka yang telah menunjukkan  prestasi, dedikasi, dan disiplin yang tinggi dalam mengikuti pembinan (17/8) Kegiatan penyerahan remisi dilaksanakan di Lapangan Rutan Masamba.

Pemberian remisi kepada warga binaan merupakan sebuah apresiasi dan penghargaan bagi warga binaan pemasyaratan yang telah berkomitmen mengikuti program-program pembinaan yang di selenggarakan oleh unit pelaksana teknis pemasyaraktan dengan baik dan terukur. Tujuan utama program pembinaan adalah untuk menyiapkan bekal mental, spiritual, dam social untuk berintegrasi secara sehat disaat yang bersangkutan Kembali ketengah-tengah masyarakat.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H Laoly dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Rutan Masamba Agung Hartono menyampaikan harapan dan pesan kepada warga binaan yang mendapatkan remisi “ Bagi seluruh warga binaan yang mendapat remisi pada hari ini, manfaatkanlah moment ini sebagai sebuah motivasi untuk berperilaku baik, taat pada aturan dan tetap mengikuti program pembinaan dengan tekun dan bersungguh-sungguh. Tanamkan dalam benak saudara sekalian bahwa proses yang saudara jalani sekarang bukan merupakan penderitaan semata, namun sebuah proses Pendidikan dan pembinaan untuk menjadi manusia yang lebih kuat dan lebih bermartabat dari sebelumnya” Harap Yasonna H Laoly

Bertepatan dengan hari peringatan Hari Ulang Tahun ke 77 Tahun kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah memberikan sebanyak 162 orang Narapidana Rutan Masamba yang terdiri dari 17 orang dengan besaran 1 bulan pemotongan, 48 orang dengan besaran 2 bulan pemotongan, 52 orang dengan besaran 3 bulan pemotongan, 27 orang dengan besaran 4 bulan pemotongan, 16 orang dengan besaran 5 bulan pemotongan, 1 orang dengan besaran 6 bulan pemotongan dan 1 orang langsung bebas.

Lebih lanjut Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Yasonna H Laoly mengucap kan “ Selamat atas remisi tahun ini bagi seluruh warga binaan di Lapas/ Rutan/LPKA Seluruh Indonesia , Saya berpesan tunjukkan sikap perilaku yang lebih baik lagi dalam mengikuti seluruh tahapan, proses, kegiatan program pembinaan dimasa yang akan datang. Sekali lagi selamat  bagi warga binaan yang memperoleh remisi sekaligus kebebasan , jadilah insan dan pribadi yang baik,hiduplah dalam tata nilai kemasyarakatan yang baik, taat hukum, mulailah berkontribusi secara aktif dalam pem bangunan untuk melanjutkan perjuangan hidup, kehidupan dan penghidupan sebagai warga negara” Pesan Menteri Hukum dan HAM RI.

Bupati Luwu Utara Hj. Indah Putri Indriani beserta Forkopimda Luwu Utara yang didampingi Kepala Rutan Masamba menyerahkan SK Remisi Umum tahun 2022 kepada perwakilan Narapidana. Sebelum nya perwakilan Narapidana menampilkan Variasi Barisan layaknya Pasukan Paskibra dan mendapat apresiasi dan tepuk tangan dari tamu undangan.

Bupati Luwu Utara dalam sambutannya berharap momen penerimaan Remisi ini menjadi motivasi bagi warga binaan untuk lebih baik lagi dalam menjalani proses pembinaan di Rutan Masamba “ Pemberian Remisi kepada warga binaan harus dijadikan motivasii untuk lebih baik lagi, karena untuk mencapai sesuatu yang besar harus dengan ikhtiar yang besar pula” Ujar Indah Putri Indriani

Lebih lanjut orang nomor satu dibumi lamaranginang sebutan Luwu Utara berharap dengan adanya kebijakan dari pemerintah terkait asimilasi, integrasi dan remisi memacu warga binaan untuk tetap semangat dan berperilaku baik sehingga nantinya daapt Kembali ke masyarakat dengan modal pembinaan yang didaparkan di Rutan Masamba ini” Harap Bupati Luwu Utara.

Tak lupa pula Bupati Luwu Utara menyampaikan apresiasi kepada Kepala Rutan Masamba beserta jajaran atas komitmen dalam pelaksanaan vaksinasi booster kepada warga binaan “ atas nama pemerintah daerah kami menyampaikan apresiasi kepada Kepala Rutan Masamba beserta petugas dan jajarannya yang selama ini berkomitmen mendukung program vaksinasi kepada warga binaan “ Ujar Bupati Perempuan pertama di Sulawesi Selatan.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Luwu Utara, Ketua DPRD Luwu Utara, Kapolres Luwu Utara, Kepala Kejaksaan Negeri Luwu Utara, Ketua PN Masamba, Ketua PA Masamba, Perwira Penghubung Kodim 1403/ Palopo untuk Luwu Utara, Ketua Bawaslu dan KPU,OPD Luwu Utara dan segenap tamu undangan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama