Sayembara Walikota Bengkulu Soal Sampah Terbukti Efektif

Realitakini.com - Bengkulu 
Whatsapp (WA) Walikota Bengkulu Helmi Hasan dan Wakil Walikota Dedy Wahyudi banjir kiriman video penangkapan oknum pembuang sampah sembarangan. Banyaknya kiriman ini disinyalir sayembara yang dilakukan Walikota Helmi baru-baru ini.

Sayembara ini ialah apabila ada orang yang mengambil video oknum membuang sampah sembarang akan diberikan hadiah berupa uang 100 ribu dan apabila berhasil menangkap orangnya secara langsung berserta videonya diberikan uang 1 juta rupiah.

Terbukti cara ini efektif, yang mana semua masyarakat ikut aktif menjadi pengawas sampah. Bahkan para pejabat pemerintah yang tak berkecimpung juga turut berpartisipasi. Jadi tak ada sedikit pun peluang oknum membuang sampah sembarangan karena diberbagai lokasi langganan maupun lainnya sudah diawasi masyarakat sekitar.

Saat ini, peran LPM, RT, RW akan difokuskan menjadi motor penggerak pengelolaan sampah. Rencananya setiap minggu akan digalakkan kegiatan gotong royong.

“Camat, Lurah, LPM, RT-RW harus lebih fokus. Setiap minggu harus rutin Gotong Royong. Jangan ada lagi tumpukan sampah di wilayahnya,” ungkap Wawali Dedy, Kamis (22/9/2022).

Ke depan, warga diedukasi soal pemilihan sampah. Kemudian Penerapan 3 R (Reduse, Reuse, Recycle). Setelah itu, masing-masing RT dibuat bank sampah.

“Penerapan 3 R ini harus digencarkan, seperti reuse, disini kita akan menggunakan kembali sampah sampah yang masih bisa digunakan atau bisa berfungsi lainnya. Kemudian reduce , kita ditekankan mengurangi segala sesuatu yang mengakibatkan atau memunculkan sampah. Dan terakhir ialah recycle, yang mana sampah diolah atau daur ulang menjadi suatu produk atau barang yang dapat bermanfaat,” tambahnya.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk lebih sadar dalam menjaga kebersihan Kota Bengkulu tercinta. “Ayo keluargaku, mari kita jaga kebersihan kota dan jangan sampai ada yang tertangkap buang sampah sembarangan. Malu cik,” terang Dedy. (Rk/*)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama