Buka Bazar UMKM di BPN, Wabup Blitar Rahmat Santoso Ajak Beli Produk Dalam Negeri.

Realitakini.com-Blitar
Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso membuka Bazar UMKM yang digelar di Kantor Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Blitar pada Kamis (22/9/2022). Memberikan apresiasi kepada kantor pertanahan yang mendukung program dalam mengembangkan potensi ekonomi daerah khususnya dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Bazar ini pun diinisiasi Ikatan istri karyawan dan karyawati (IKAWATI) BPN Kabupaten Blitar serta didukung PT. Ladara Dharma Bakti, menginginkan produk dikenal khalayak umum. Disini juga di meriahkan produk UMKM dari binaan dinas-dinas Pemerintah Kabupaten Blitar.Kamis  (22/09/2022)

“Di pandemi UMKM menjadi salah satu yang terdampak. Namun Alhamdulillah, selain memberi jaring pengaman sosial, kita libatkan produk mereka di berbagai acara. Agar pelaku UMKM bisa tetap eksis, termasuk kegiatan hari ini termasuk support yang luar biasa. Karena ini juga sejalan dengan Panca Bhakti kami yang ke-4 yakni Pengembangan Potensi Ekonomi Daerah,” kata Wabup Rahmat Santoso.

Wabup Rahmat yang juga Ketua Umum DPP Ikatan Penasihat Hukum Indonesia (IPHI) mengajak masyarakat membeli produk-produk UMKM asli Blitar. Hal ini sebagai tindak lanjut pesan Presiden RI Joko Widodo untuk menggunakan produk dalam negeri.

Produk-produk UMKM Blitar pun sudah cukup banyak yang berkualitas. Ini tidak lepas dari usaha Pemerintah Kabupaten Blitar dalam mengembangkannya melalui program One Village One Product (OVOP). Juga melobi pasar modern berjaring agar produk Blitar masuk di pasar ini.

“Beberapa hari lalu, Alhamdulillah produk UMKM Kabupaten Blitar lolos kurasi di jaringan retail Indomaret dan Alfamart. Sebanyak 18 produk telah di launching bersama-sama di Indomaret Tawangsari. Bagi saya ini awal yang bagus dan kebanggaan tersendiri. Saya juga berharap ini bisa memotivasi pelaku UMKM yang lain,” harapnya.

Usai membuka bazar, Wabup Rahmat pun berkeliling untuk bercengkrama memberi masukan pada produk-produk yang dipamerkan seperti kerajinan tangan, makanan, minuman, dan produk hortikultura. Ia pun memberi sejumlah makanan khas Blitar untuk dibawa sebagai oleh-oleh.

“Produk UMKM di bazar ini saya lihat bagus-bagus, semoga kedepannya bisa digelar bazar lagi guna mengenalkan produk-produk. Kalau nanti UMKM bisa berkembang bagus maka perekonomian daerah bisa kembali pulih dan rakyat makmur, pungkasnya.
Kamis (22/09/2022)

Ditempat yang sama Kepala BPN Kabupaten Blitar Sukidi mengatakan, bazar ini mengambil tema ”Bersama IKAWATI Kantor Pertanahan Kabupaten Blitar UMKM Naik kelas dan Bangkit Melesat”. Event yang diselenggarakan di kantornya tersebut diharapkan menjadi batu loncatan meningkatkan daya saing produk negeri agar bisa bersaing dengan produk asing.

Sukidi memastikan, BPN memberikan kemudahan-kemudahan kepada pengusaha UMKM terkait pembuatan sertifikat tanah tempat UMKM beroperasi. Di pembukaan bazar itu pula dia dan wakil bupati secara simbolis dirinya memberikan sertifikat tanah milik pengusaha UMKM.

“Seperti kata Pak Wabup tadi setelah bazar selesai jangan sampai pengembangan produk selesai juga. Justru harus terus bersemangat mengembangkan produknya, agar sesuai dengan keinginan dan apa yang sedang dicari dari pasar,” kata Sukidi.(kmf/edy)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama