Wali Kota Blittar, Drs H Santoso, M.Pd Penghargaan Sebagai Pembina Proklim Terbaik

Realitakini.com-Blitar 
Ada momen spesial pada Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Se Dunia Provinsi Jawa Timur di Jatim Expo Internasional, Surabaya.Yakni penerimaan penghargaan bidang Lingkungan Hidup dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa sebagai Pembina Proklim Terbaik Tingkat Jawa Timur oleh Wali Kota Blittar, Drs H Santoso, M.Pd pada Senin (12/9/2022). 

Turut hadir mendampingi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Blitar, Ir Jajuk Indihartati . Kebijakan Wali Kota Blitar yang dianggap pro terhadap proklim ditunjukkan dengan me netapkan visi misi RPJMD yang ber wawasan lingkungan. Konkritnya dengan mewujudkan Tata Ruang yang Berwawasan Lingkungan Hidup dan Berkeadilan.Senin (12/09/2022)

 Komitmen Wali Kota Blitar terhadap Program Kampung Iklim juga diraih dengan menerbit kan Regulasi melalui Perda No 4 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Sampah dan Perwali No 72 Tahun 2017 tentang Rencana Aksi Daerah Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca Kota Blitar, yang mendukung aksi ada ptasi dan mitigasi Proklim Kota Blitar.

Wali Kota menjelaskan strategi pelaksanaan proklim diantaranya melalui Dinas Lingkungan Hidup dengan melakukan sosialisasi dan pembinaan secara intensif pada lokasi binaan yang diusulkan meng ikuti proklim. Selain itu juga diikuti dilaku kan Fasilitasi dengan pemberian stimulan bantuan ke masyarakat berupa bibit tanam an, anjang-anjang, lampu LED, biopori , sumur resapan, PJU solar cell dan komposter.

“Hal yang tidak kalah penting adalah dengan membangun jejaring dan MoU kerjasama dengan swasta dan perguruan tinggi.Ter masuk mengaplikasikan konsep pemberdayaan masyarakat”, jelas Santoso.

Tahun 2022 Pemerintah Kota Blitar meng usulkan 10 calon lokasi proklim utama dan calon lokasi proklim lestari, sehingga Kota Blitar merupakan salah satu kota yang meng usulkan calon lokasi proklim terbanyak se Jawa Timur. Ini sangat mendukung program pemerintah yang mentargetkan tercapainya 20.000 kampung iklim di Tahun 2024.

Kota Blitar merupakan salah satu dari 3 Kab /Kota se Jawa Timur yang mengusulkan proklim lestari, dimana proklim lestari merupa kan kategori level tertinggi dari peng hargaan Program Kampung Iklim dari KLHK.( kmf/ edy)


Post a Comment

Previous Post Next Post