Wali Kota Santoso.Buka Diskusi Publik Sejarah PETA Blitar

Realitakini.com-Blitar 
Wali Kota Blitar Drs. H. Santoso, M.Pd membuka acara diskusi publik sejarah pemberontakan Pembela Tanah Air (PETA) di Blitar, kegiatan diskusi itu berlangsung di Balaikota Kusumo Wicitra, Selasa (20/09/2022).

Diskusi publik yang digagas Paguyuban Blitar Raya dan diikuti dari berbagai elemen itu dalam rangka penyempurnaan penulisan sejarah perjuangan PETA Blitar guna mendukung pembangunan monument dan museum PETA Blitar.

Dalam sambutannya, Wali Kota Santoso berharap diskusi publik yang dihadiri tokoh- tokoh yang luar biasa ini bisa dijadikan bahan untuk mengawali proses pembangunan museum PETA Blitar. Mengingat Kota Blitar juga sudah mendapatkan bantuan alat tempur, tank dan dalam waktu dekat didatangkan pesawat tempur yang nantinya akan menjadi koleksi museum.

Santoso mengakui, semenjak menjabat Wali Kota sangat berambisi untuk mampu mewujudkan museum Supriyadi. Pahlawan Supriyadi merupakan kebanggaan masyarakat Kota Blitar yang harus difahamkan kepada generasi penerus perjuangan bangsa.

“Untuk itu, dalam diskusi ini dihadirkan para tokoh-tokoh pelaku sejarah dalam rangka untuk melengkapi referensi, sehingga museum itu begitu dibangun, maka generasi penerus bangsa akan memahami bahwa Kota Blitar juga memiliki pahlawan pemberani yang memberontak pada penjajah Jepang,” jelasnya.

Ia menambahkan, setiap tanggal 14 Februari di Kota Blitar selalu digelar event drama kolosal yang me libatkan seluruh warga Kota Blitar untuk menampilkan sejarah pemberontakan Pembela Tanah Air (PETA) melawan penjajah Jepang.

“Mudah-mudahan, sejarah ini dapat dipahami oleh para generasi muda, sekaligus bagian dari pemahaman destinasi yang ada di Kota Blitar, sehingga tidak hanya Makam Bung Karno, Istana Gebang, tapi juga ditambah dengan satu wisata kebangsaan yakni museum PETA Blitar.” Imbuhnya. (kmf/ edy)

Post a Comment

Previous Post Next Post