Walikota Helmi Hasan Wujudkan Kota Bengkulu BISA

Realitakini.com - Bengkulu 
Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu kembali menghidupkan program gerakan merdeka sampah. Salah satu upaya yang dilakukan ialah menggelar lomba merdeka sampah antar kelurahan dengan total hadiah mencapai Rp 70 juta.

Lomba ini sengaja digelar agar masyarakat Kota Bengkulu kian sadar akan kebersihan lingkungan sekitar dan tak membuang sampah sembarangan lagi.

Lomba merdeka sampah antar Kelurahan dilaunching langsung oleh Walikota Bengkulu Helmi Hasan bersama Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi di Alun-alun Berendo, Masjid Agung At-Taqwa, Selasa (20/9/2022).

Helmi menjelaskan, gerakan merdeka sampah merupakan bagian dari Bengkulu Bersih Indah, Sejuk dan Aman (BISA) yang sebelumnya telah dilakukan tahun 2014 silam dan dinilai sangat efektif. Ini dibuktikan dengan tingkat keamanan meningkat, kriminalitas menurun dan tentunya tingkat kebersihan meningkat. Karena saat itu semangat masyarakat untuk menjaga lingkungannya sangatlah kompak.

“Kita pemilik sah Kota Bengkulu ini, mari kita jadikan kota ini bersih dan sejuk. Jadi saat ada sampah yang berserakan kita harus merasa risih dan jadikan merdeka sampah ini menjadi gerakan sebagai awal lahirnya rasa cinta dengan kota ini,” ujar Helmi dengan penuh semangat.

Karena sejatinya, persoalan sampah ini tak bisa diselesaikan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Pemkot saja. Maka dari itu, peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) sangat dituntut dalam pengelolaan sampah.

“Kalau ini berkerja secara efektif maka tak ada lagi persoalan sampah di kota Bengkulu. Dan kita juga minta masyarakat kian sadar untuk lebih bijak dalam pengelolaan sampah dan kita harapkan partisipasi seluruh pihak dengan target setiap kelurahan nantinya bebas akan sampah,” jelasnya.

Ternyata Helmi juga tak main-main dalam menuntaskan masalah sampah. Ia berencana melakukan sayembara, siapa yang berhasil memvideokan oknum membuang sampah sembarang atau menangkapnya akan diberi hadiah berupa uang.

“Jika ada orang yang mengambil video oknum membuang sampah sembarang akan diberikan hadiah berupa uang 100 ribu dan apabila berhasil menangkap orangnya secara langsung berserta videonya diberikan uang 1 juta rupiah, tapi kita tegaskan tak ada rekayasa dalam hal ini demi mendapatkan uang itu,” tegasnya.

Selanjutnya, Helmi menyerahkan penghargaan berupa sepeda motor kepada LPM berprestasi yakni LPM Kelurahan Cempaka Permai dan LPM Kelurahan Sumber Jaya. Ia menjelaskan, sepeda motor ini merupakan hadiah untuk LPM kelurahan yang telah dianggap berhasil mengajak masyarakat untuk menggerakkan program merdeka sampah. (Rk/Mc)

Post a Comment

Previous Post Next Post