Gelar Rakor, Pemda Kabupaten Solok Matangkan Persiapan MTQ ke 39 Tahun 2022

Realitakini.com-Kabupaten Solok
Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Solok menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) terkait Persipan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Kabupaten Solok ke-39, yang bertempat di Ruang Rapat Gedung PKK Arosuka, Rabu (12/10/2022). 

Rapat tersebut digelar agar agenda daerah tentang keagamaan itu persiapannya betul-betul matang. Dengan harapan, dimana dalam penyelenggaraan MTQ Kabupaten Solok ke-39 yang dilaksanakan pada 20 sampai 23 Oktober 2022 esok, di Komplek Masjid Agung Darussalam Koto Baru itu tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Rakor Persipan MTQ Kabupaten Solok ke-39 itu dipimpin oleh Asisten II Setda Kabupaten Solok Syahrial, dan dihadiri oleh Kabag Kesra Mardaus, Camat Kubung Sujanto Amrita beserta jajaran, Walinagari Kubung Afrizal, perwakilan Kemenag Kabupaten Solok, Kepala KUA Kecamatan Kubung Al Maturidi dan OPD terkait.

Pada kesempatan itu, Kabag Kesra Kabupaten Solok Mardaus, dalam Rakor tersebut menjelaskan bahwa pusat lomba di Koto Baru, dengan jadwal MTQ dilaksana kan pada 20 sampai 23 Oktober 2022. 

"Upacara pembukaan, dan penutupan lomba di laksanakan di Komplek Islamic Center Darussalam Koto Baru. Dimana upacara pembukaannya menampilkan tari kolosal siswa dan siswi MTsN dan MAN Koto Baru," Mardaus.

Mardaus juga menyampaikan bahwa 1 cabang lomba di Nagari Selalyo, pemondok an Kafilah di Nagari Koto Baru, konsumsi Panitia Kabupaten di handle oleh Panitia Kabupaten Solok. Sedangkan konsumsi panitia lokal dan konsumsi kafilah di handle oleh panitia Kecamatan.

Selama MTQ berlangsung, sebut Mardaus, di sekitar komplek Islamic center juga akan disediakan Stand Kuliner yang dikoordinir oleh Dinas Koperindag. Selain itu, petugas Satpol PP juga ditempatkan di lokasi lomba dari H-1, dan tanggal 20 sampai 23 Oktober 2022 tersebut.

Asisten I Setda Kabupaten Solok yang juga berkesempatan hadir dalam Rakor itu menyampaikan agar persiapan panitia harus maksimal. Menurutnya, panitia harus mencek lokasi lomba, minimal H-2. Selain itu, konsumsi kafilah sebaiknya diserahkan pada tuan rumah tempat pemondokan.

Disampaikannya, acara pembukaan dan penutupan harus dilaksanakan dengan meriah. Papan informasi di lokasi harus tersedia, berupa agenda dan tempat kegiat an. Sediakan Ambulan 24 jam di Posko ke sehatan. Pastikan semua persiapan sudah ok 2 hari sebelum hari pembukaan.

Lokasi pelaksanaan MTQ Kabupaten Solok ke-39Masjid Agung Darussalam Islamic Center untuk pelaksanaan lomba tilawah tingkat kanak-kanak/TK dan tingkat remaja. Masjid Raya Koto Baru untuk pelaksanaan lomba tilawah tingkat anak-anak dan tingkat dewasa.

Masjid Al Ikhwan Bukit Kili untuk pe laksanaan Tartil dasar dan menengah umum. Masjid Al Muhajirin Perumnas Batu Kubung untuk pelaksanaan lomba tahfiz 1 juz, 5 juz dan tilawah. Masjid Raya Selayo untuk pelaksanaan lomba tahfiz 1 juz, 5 juz dan 10 juz (Non tilawah). Masjid Ihsan Kajai untuk pel aksanaan lomba tafsir Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

SD Negeri 22 Koto Baru untuk pelaksanaan lomba khat atau kaligrafi. Aulia Masjid Darussalam Islamic Center untuk pelaksanaan lomba fahmil qur'an.

Aula Hubbul Wathan Kemenag Koto Baru untuk pelaksanaan lomba syarhil dan khotbah jumat. Medan Bapaneh atau depan lobi eks kantor Bupati Solok untuk pe laksanaan lomba bintang kasidah, dan MTs Muhammadiyah Bukit Kili untuk pelaksanaan lomba kitab standar dan tafsir Bahasa Arab. (***)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama