Kolaborasi Perdana 3 Puskesmas Atasi Stunting dan Gagal Ginjal di Kamang Baru Kabupaten Sijunjung

Realitakini.com-Sijunjung 
Menindaklanjuti penanganan kasus Stunting di Kabupaten Sijunjung, Kepala Puskesmas (Kapus) Kamang Baru Hardisucipro, S.Kep, memfasilitasi mediasi 3 Kapus di Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, untuk saling berembuk danberkolaborasi menangani setiap ada kasus Stunting maupun Gagal Ginjal. Demikian disampaikan kepada Realitakini.com oleh Saptarius Jurnal Sumbar, yang meliput kegiatan tersebut pada Senin (31/10/2022).

"Kesepakatan bersama ini, baru pertamakali kita laksanakan.Terutama sekali dalam penanganan kasus stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak Balita (Bayi di bawah 5 tahun) akibat dari kekurangan gizi kronis sehingga anak terlalu pendek untuk usianya," kata Hardisucipro, S Kep, Kapus Kamang Baru.

Rapat bersama yang digelar Telabang Sakti itu, juga memabahas soal mengatasi kekurangan gizi terjadi sejak bayi dalam kandungan pada masa awal setelah bayi lahir akan tetapi kondisi stunting baru nampak setelah bayi berusia 2 tahun.

"Kami juga membahas penanganan kasus gagal ginjal. Namun, sejauh ini belum ditemukan. Dan ini kegiatan perdana pelaksanaan lokmin lintas sektor gabungan Tiga Puskesmas di Kecamatan Kamang Baru," papar mantan Kapus Lubuk Tarok itu.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Camat Kamang Baru, Danramil, Polsek, Kepala KUA, UPTD/UPTB,  walinagari, ketua TP PKK Nagari kecamatan serta kader se-kecamatan dan petugas Pustu Poskesri dan staf tiga puskesmas juga ikut hadir.

Disebutkannya, selain membahas masalah stunting dan gagal ginjal akut, juga membahas kematian ibu/bayi dan Balita. 

"Kegiatan ini dalam rangka menindak- lanjuti hasil pertemuan kapus se-Kabupaten Sijunjung dengan Wabup Sijunjung terkait tentang penangan KLB gagal ginjal di Sijunjung, dan hasil kesepakatan akan dilakukan screening semua bayi dan Balita di Kecamatan Kamang Baru termasuk kepemilikan JKN, serta ter pantau secara bersikenambungan di wilayah kerja masing-masing, " tambah Hardisucipro, S Kep.

Usai kegiatan, hasil kolaborasi itu pun di sepakati dan ditindak lanjuti, diterima oleh  Kapus Aie Amo Erizoni, SKM, dari Camat Kamang baru diwakili Kasi Kesra, yang ditanda tangani semua perwakilan Kader, PKK, WPTD Kapus, Forkofincam dan Walinagari.(Hasnawati)

Post a Comment

Previous Post Next Post